Nihil Kecelakaan Kerja, Semen Baturaja Sukses Laksanakan Overhaul Pabrik Baturaja II

oleh -78 Dilihat
Suasana usai overhaul pabrik PT Semen Baturaja II di Ogan Komering Ulu

BATURAJA,Samudra.News-PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan pelaksanaan overhaul terhadap Pabrik Baturaja II, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Jum’at (22/3/2024).

Pelaksanaan overhaul pabrik tersebut, dilaksanakan selama  17 hari yang dimulai dari tanggal 22 Februari 2024.

Pabrik yang beroperasi sejak 2017 ini memiliki kapasitas produksi hingga 1,85 juta ton dan merupakan pabrik termutakhir milik SMBR yang pembangunannya memakan waktu selama 26 bulan, diklaim sebagai proyek pembangunan pabrik semen terintegrasi tercepat di Indonesia.

Direktur Fungsi Operasi SMBR, Muhammad Syafitri menjelaskan pelaksanaan overhaul ini dilakukan guna mempertahankan kinerja mesin produksi agar tetap dalam kondisi optimal serta menjaga efisiensi operasi peralatan produksi pabrik.

“Tiap tahun, pabrik harus menjalani proses overhaul atau pemeliharaan menyeluruh secara rutin. Proses ini bertujuan untuk mengatasi kerusakan atau abnormalitas pada peralatan dengan melakukan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak,” tutur Syafitri.

Selain itu, untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja selama overhaul, SMBR menerapkan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sehingga sukses mencapai nihil kecelakaan kerja  (zero accident) selama kegiatan overhaul berakhir.

Vice President of Maintenance SMBR, Eko David Irawan menegaskan bahwa keberhasilan mencapai zero accident selama pelaksanaan overhaul tidak lepas dari komitmen perusahaan terhadap prinsip K3, serta kepatuhan seluruh karyawan dalam mengidentifikasi potensi bahaya di lingkungan kerja dan pelaksanaan tindakan mitigasi yang sesuai, disertai dengan penyampaian safety briefing yang dilaksanakan secara rutin.

“Kita berharap semua pihak berperan aktif untuk mengingatkan sesama rekan kerja, memperhatikan setiap prosedur yang sesuai dan menjadikan K3 sebagai perilaku yang melekat di dalam diri masing-masing,” tandas Eko.

Baca Juga :   Eddy Yusuf-Lamazi Siap Mengabdi di Daerah Kelahiran Lewat Jalur Independen

Berkat komitmen perusahaan terhadap prinsip K3, pada awal bulan maret SMBR berhasil meraih dua Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tingkat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) Tahun 2024.

Dua penghargaan yang diterima SMBR atas pretasinya dalam melaksanakan Program K3 Tahun 2024, khususnya kepada dua wilayah operasional SMBR, yaitu Pabrik Penggilingan dan Pengantongan Semen di Kota Palembang dan Pabrik Baturaja yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).