Musrenbang RKPD Agar Memprioritaskan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

oleh -167 Dilihat
Bupati tandatangani isu Strategis Musrenbang

BATURAJA OKU-Dalam rangka mewujudkan masyarakat OKU Maju dan Gemilang, Pemkab OKU dihadapkan pada berbagai isu startegis yang dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten OKU 2019 dengan tema “Memperkuat Daya Saing dan Inovasi Daerah menuju OKU Sejahtera” di Aula Abdi Praja Pemkab OKU. Musrenbang dibuka langsung oleh Bupati OKU H. Kuryana Azis. Rabu (20/03).

Dari pantauan media, kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Bappenas Jakarta, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Kabid Perekonomian dan Pendanaan Pembangunan, H. Dwiva Putra, SP, MSE, Dandim 403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, Kacab Bank Sumselbabel Denis Faizal, Perwakilan Bank Mandiri, Kepala BPS Budihariyanto, BUMD, Kepala SKPD, Camat dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Dandim OKU dan Kacab Bank Sumselbabel

Musrenbang RKPD OKU dibuka dengan sambutan oleh Kepala Bappeda OKU Gunawan Somad dan Bupati OKU H. Kuryana Azis. Kepala Bappeda Kabupaten OKU Gunawan Somad mengatakan, Musrenbang RKPD Tahun 2019 merupakan Musrenbang untuk perencanaan tahun 2020 dan merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten OKU.

Dalam musyawarah kerja ini dibahas soal target, sasaran, dan indikator kinerja yang harus dicapai, serta sinergi dengan perencanaan Pembangunan dalam dokumen RPJMD Kabupaten OKU. Gunawan menambahkan Musrenbang adalah forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dengan tujuan mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemkab OKU melalui Musrenbangdes, Musrenbang Kecamatan serta Musrenbang SKPD Kabupaten.

Undangan yang ikuti Musrenbang RKPD OKU

Selain itu untuk mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah Kabupaten OKU. Hasil pelaksanaan Musrenbang di antaranya adalah berita acara kesepakatan hasil musrenbang dan penandatanganan kesepakatan peserta musrenbang, daftar usulan program dan kegiatan hasil musrenbang yang disepakati, daftar usulan yang belum terakomodir, dan rumusan rencana program dan kegiatan tahun 2019. Musyawarah akan dilanjutkan dengan Froum Group Discusion mendatang, tambahnya.

Baca Juga :   Bupati Popo Ali Serap Aspirasi Masyarakat Desa Sidorahayu Kec. Buay Pemaca

Bupati OKU menyampaikan bahwa OKU dihadapkan pada berbagai isu staretegis, baik nasional, regional dan lokal perlu kita sikapi dengan baik agar pembangunan dapat menjawab apa yang sesungguhnya dikehendaki masyarakat. Isu yang mengemuka baru-baru ini meliputi Infrastruktur jalan, kualitas hidup, dan kemiskinan, nilai tambah ekonomi, daya saing dan inovasi, sumberdaya alam dan lingkungan.

Para penerima bantuan dari Pemkab OKU

Satu isu penting lagi yang perlu kita perhatikan yaitu pelaksanaan Pilkada Kabupaten OKU Tahun 2020. Mencermati kinerja pembangunan yang kita capai dewasa ini, terutama indikator makro pembangunan daerah, capaian pertumbuhan ekonomi kabupaten OKU tahun 2017 sebesar 3,93 %. Menurunnya harga komoditi unggulan terutama karet dan kelapa sawit, berkontribusi pada melemahnya pertumbuhan sektor primer dimana sebanyak  sebanyak 53.60 % penduduk bekerja di sektor tersebut.

Berangkat dari capaian pembangunan dan isu strategis tersebut, program pembangunan Kabupaten OKU tahun 2020 mengangkat lima prioritas, yaitu : 1. Pengangkatan konektivitas dan pengembangan wilayah, 2. Peningkatan kualitas hidup dan pengentasan kemiskinan; 3. Peningkatan nilai tambah ekonomi, daya saing dan inovasi daerah; 4. Pemanfaatan sumberdaya dan pelestarian lingkungan dan ke 5. Stabilitas keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada. Pungkasnya (Adv/Samudra.news)