Musdes Dalam Rangka Penyusunan RKPDes dan DU-RKP Desa Sipatuhu Dua Sukses Digelar

oleh -207 Dilihat
Tokoh Masyarakat dan undangan yang menghadiri Musyawarah Desa

BANDING AGUNG, OKUS,Samudra News-Musyawarah Desa Sipatuhu Dua dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan daftar usulan rencana kerja pemerintah (DU-RKP) Desa Sipatuhu 2. Bertempat di Balai Desa Sipatuhu 2, Rabu (25/10/2023).

Hadir dalam kegiatan ini  Camat Banding Agung  Adi Saputra, Kasi Pemerintahan Evi, Kepala Desa Sipatuhu 2 Dedi Irawan beserta Perangkat Desa, Ketua BPD Susriyati  beserta anggota, Pendamping Desa Dedi, Kadus dan Linmas, Bidan Desa, Kader Posyandu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Undangan lainnya.

Ketua BPD Susriyati dalam sambutannya  menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) merupakan penjabaran  dari RPJM Desa untuk periode satu (1) tahun, yang disebut RPJM Desa yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (periode 6 tahun).

“RKP Desa menjadi dasar penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Sipatuhu 2 (APBDesa) yang akan diusulkan Pemerintah Desa Sipatuhu 2 kepada  Kabupaten OKU Selatan melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah”. Imbuhnya.

Kepala Desa Sipatuhu Dua Dedi Irawan mengatakan, kegiatan Musdes ini merupakan wadah dalam menampung setiap usulan usulan dari masyarakat Desa Sipatuhu 2 setiap dusun yang kemudian diakomodir oleh pemerintah desa untuk selanjutnya di buat kebutuhan skala prioritas pelaksanaan program tersebut yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa.

Program tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada, untuk yang belum terlaksana akan diusulkan lagi dalam proses pengajuan selanjutnya serta di akomodir dalam program kerja OPD di Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Dilanjutkan Kades, terima kasih atas kehadiranya Bapak Camat, Pendamping Desa, Babinsa, Babinkantibmas dan yang lainya semoga dengan niat yang tulus akan di ijabah oleh Allah SWT, tuturnya.

Kepala Desa Sipatuhu Dua Dedi Irawan diacara Musdes

Ditempat yang sama Camat Banding Agung Adi Saputra, SH mengatakan, Musyawarah Desa (Musdes) RKP Desa TA 2024 bertujuan untuk menyepakati hal yang bersifat strategis dalam pembangunan Desa Sipatuhu Dua, ujarnya.

Baca Juga :   ANGGOTA DPR RI dari Gerindra Ir. Sri Meliyana Turunkan Aspirasi BLK Komunitas di OKU

Adapun hal yang bersifat strategis dalam pembangunan desa sebagaimana tertuang dalam Pasal 6 Ayat 2 Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2016, itu meliputi: penataan Desa; perencanaan Desa; kerjasama Desa; rencana investasi yang masuk ke Desa; pembentukan Badan Usaha Milik Desa; penambahan dan pelepasan aset; dan kejadian luar biasa.

Camat Adi Saputra, SH mengucapkan terima kasih atas undangannya dan mohon maaf kalau kedatangan rombongan  kami ada yang kurang berkenan, harapnya.

Sementara itu Kariman selaku Tokoh Masyarakat mengatakan, terima kasih kepada Pak Camat Banding Agung Adi Saputra,SH. PMD Ibu Evi, Pendamping Desa, Bidan Desa dan Guru Paud yang hadir di tengah tengah kami.

Ia juga mengatakan usulan-usulan prioritas yang sangat di butuhkan oleh masyarakat Sipatuhu Dua yaitu  Siring Pasang, Gorong gorong, Lampu Jalan, CCTV dan Isentif Guru Paud, TPA dan Perbaikan Jalan, semoga Kepala Desa Sipatuhu Dua Dedi Irawan dapat mengabulkan usulan kami, pungkasnya. (Bun)