Mulai Hari Ini, BPS OKU Laksanakan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat

oleh -165 Dilihat
Kepala BPS terjun langsung di hari pertama

BATURAJA OKU-Mulai hari ini, tanggal 22 April 2019 hingga tanggal 22 Mei 2019, BPS Kabupaten OKU menerjunkan sebanyak 167 orang petugas yang terdiri dari 139 petugas pemeta dan 28 petugas pengawas untuk melakukan pemetaan dan pemutakhiran wilayah kerja statistik (wilkerstat) yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU. Senin (22/04).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU, Ir. Budiriyanto,  MAP usai melakukan supervisi pelaksanaan lapangan kegiatan pemetaan dan pemutakhirn muatan wilayah kerja statistik di Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang dengan didampingi penanggungjawab kegiatan Nanda Adi Pradana. Ia menyatakan, sebanyak 167 orang petugas tersebut sebelumnya telah mengikuti pelatihan di Hotel Grand Kemuning Baturaja yang dilaksanakan selama 3 gombang.

Menurut Budiriyanto,  Sensus Penduduk akan diIaksanakan kembali oleh BPS pada tahun 2020. Salah satu upaya dalam mencapai data berkualitas adalah tersedianya kerangka induk wilayah kerja statistik yang mutakhir. Kerangka induk yang dibuat BPS selama ini terdiri dari peta dan muatan blok sensus (BS). Untuk melengkapi berbagai metode yang akan digunakan dalam sensus dan survei selanjutnya, maka kerangka induk tersebut akan dilengkapi dengan informasi Satuan Lingkungan Setempat (SLS).

Kepala BPS mengamati hasil kerja petugas

Dengan demikian, metode kegiatan agak berbeda dengan kegiatan Pametaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (wilkerstat) yang sudah dilakukan sebelumnya. Kerangka induk yang dibuat BPS selama ini terdiri dari peta dan muatan BS. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan kerangka induk terus dilakukan. Pada prinsipnya, kerangka induk yang dibangun adalah untuk memenuhi kebutuhan kegiatan sensus dan survei BPS yang menggunakan berbagai macam metode statistik.

Tahun 2018, secara nasional Kegiatan Penyusunan Peta Dasar dan Informasi Muatan Wilkerstat SP2020 telah menghasilkan peta dasar SP2020 yang terdiri dari peta Kelurahan/ Desa dan BS. Selain itu juga telah dilakukan ground check/ground truth pada 15.420 BS terpilih. Tahun 2019, peta dasar tersebut akan digunakan dalam kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020. Peta dasar ini akan dilengkapi dengan informasi satuan lingkungan setempat (SLS).

Baca Juga :   KAPOLDA: Rendahnya Tingkat Kedisiplinan Meningkatnya Penyebaran Covid-19

Pelaksanaan Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 dilakukan di seluruh desa pada 514 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini terdiri dari dua terhadap, yaitu tahap pertama kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilketstat, serta tahap kedua kegiatan Pengolahan Peta dan dokumen muatan wilkerstat. Dokumen muatan wilkerstat yang diolah adalah SP2020-RS dan SP2020-RD. Selanjutnya kegiatan tahap kedua disebut Pengolahan Peta dan RD.

Pada tahap pertama, kegiatan Pemetaan dan Muatan Wilkerstat merupakan kegiatan lapangan, yang dilakukan dengan membawa print out peta dasar untuk penggambaran batas SLS dan batas Kelurahan/Desa di lapangan. Selain itu, petugas dibekali dengan Aplikasi Wilkerstat (mobile) untuk memastikan posisi dan lokasi SLS, serta pengambilan foto dan titik koordinat landmark batas SLS dan infrastruktur Kelurahan/Desa. Selanjutnya, petugas akan menghitung muatan SLS pada wilayah BS yang menjadi beban tugasnya.

Kepala dan petugas pose bersama sebelum kegiatan

Setelah kegiatan lapangan, tahap kedua adalah kegiatan Pengolahan Peta dan RD. Kegiatan ini terdiri dari pengolahan peta digital hasil pemetaan lapangan, dan pengolahan data informasi muatan wilkerstat SLS. Hasil pengolahan peta digital adalah layoutpeta desa/kelurahan dan SLS. Pencetakan layout peta ini dilakukan sesuai dengan keperluan. Selanjutnya, untuk keperluan metode sensus dan survei yang memerlukan unit sampling terkecil di bawah desa/kelurahan, akan dibentuk wilayah cluster yang muatannya seragam. Kegiatan ini direncanakan akan dilakukan tahun 2020.

Maksud kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 adalah: 1. Mengembangkan statistical spatial framework sebagai jembatan integrasi informasi statistik dan geospasial. 2. Meningkatan kualitas dan kuantitas ketersediaan kerangka induk wilayah kerja statistik sebagai dasar pelaksanaan lapangan SP2020. Tujuan kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkersat SP2020 adalah: 1. Menyusun peta wilayah kerja statistik untuk SP2020. 2. Mendapatkan kerangka induk yang mutakhir untuk SP2020 dan 3. Mendukung kebijakan satu peta Indonesia.

Baca Juga :   Asyik Bermain Layang Layang Anak Usia 11 Tahun Disenggol Kereta Api

Budiriyanto berharap agar seluruh Camat, Kepala Desa/Lurah dan perangkatnya mendukung kegiatan ini. Hal ini sesuai dengan surat edaran Bupati OKU Nomor: 090/43/III/2019 tanggal 16 April 2019 yang ditujukan ke para Camat dan Kepala Desa/Lurah tentang dukungan kegiatan pemetaan dan pemutakhiran wilayah kerja statistik Sensus Penduduk 2020. Pugkasnya (yudi)