Mengenang Taufiq Kiemas, Jokowi Resmikan Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung

oleh -71 Dilihat
Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung, Jakarta Selatan

JAKARTA,Samudra.News-Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Jokowi didampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri saat peresmian Masjid tersebut, Rabu (8/6/2022).

Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dengan ini saya resmikan Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, kata Jokowi saat peresmian.

Usai meresmikan, Jokowi didampingi Megawati dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar melakukan pemukukan bedug dan menandatangani prasasti peresmian.

Dalam sambutannya, Jokowi mengenang jasa-jasa almarhum Taufiq Kiemas yang merupakan politisi serta suami dari Megawati. Nama Taufiq Kiemas inilah yang diabadikan sebagai nama masjid yang berada di halaman Sekolah Politik DPP PDI Perjuangan ini.

Pak Taufiq Kiemas tumbuh dari keluarga taat beragama, sekaligus tokoh yang sangat nasionalis. Beliau politisi dengan jejaring yang luas, komunikator yang baik dan pemersatu yang mampu merangkul perbedaan, jelas Jokowi.

Presiden Joko Widodo bersama Megawati dihalaman depan Masjid At-Taufiq Jakarta Selatan

Saya berharap agar masjid yang menyandang nama Bapak Taufiq Kiemas ini selain sebagai tempat beribadah umat Islam juga dapat memperkokoh peradaban Indonesia modern, tambahnya.

Adapun para tokoh yang hadir dalam peresmian Masjid At-Taufiq antara lain Menkumham Yasonna Laoly, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko,

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran, Pangdam Jaya Untung Budiharto, Anggota DPR Krisdayanti, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Sebelumnya Ketua Panitia Pembangunan Masjid At-Taufif, Ahmad Basarah mengatakan, nama masjid ini diambil dari nama almarhum Muhammad Taufiq Kiemas, tokoh utama dan pendiri PDIP, yang juga Ketua MPR RI 2009-2013.

Suasana dalam Masjid At Taufiq, tampak foto Taufiq Kiemas

Masjid At-Taufiq yang berasal dari kata Taufiq Kiemas itu juga dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan almarhum Bapak H Muhammad Taufiq Kiemas semasa hidupnya dan sekaligus masjid ini diniatkan untuk mendoakan almarhum Bapak H Muhammad Taufiq Kiemas agar segala amal perbuatannya semasa hidup diterima oleh Allah SWT dan almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, ujarnya.

Baca Juga :   KAPOLDA Tanam Pohon, Tabur Benih Ikan dan Bagikan Beras di HUT Bhayangkara

Groundbreaking pembangunan Masjid At-Taufiq dilakukan pada 8 Juni 2018 lalu, kemudian pembangunannya dimulai pada Desember 2018. Prosesnya rampung pada Juli 2020. Kata Basarah, tertunda peresmiannya karena pada Juli 2020, pandemi Covid-19 masuk ke tengah-tengah masyarakat.

Masjid At-Taufiq ini dibangun di atas lahan seluas 1.800 meter persegi dengan daya tampung sekitar 400-500 jamaah.

 

Basarah menjelaskan proses pembangunan dimulai ketika terjadi alih fungsi Kantor DPP PDIP di Jalan Lenteng Agung Nomor 99 Jakarta Selatan, dari kantor pusat partai menjadi Sekolah Partai.

Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung, Jakarta Selatan

Sekolah Partai menjadi sarana kaderisasi Partai, sehingga banyak kader dari seluruh Indonesia yang wajib datang ke Sekolah Partai ini untuk mengikuti kaderisasi-kaderisasi partai.

Dan, mayoritas kader banyak yang beragama Islam, maka kemudian muncul kebutuhan sarana atau tempat ibadah. Apalagi, mushala partai yang ada sudah tidak memadai lagi.

Sehingga, akhirnya muncul pemikiran Ketua Umum Ibu Megawati untuk menyediakan sarana ibadah bagi kader-kader-nya yang beragama Islam untuk menunaikan shalat lima waktunya, terutama apabila mereka harus mengikuti Shalat Jum’at berjamaah, kata Basarah.

Konsep bangunan Masjid At-Taufiq diambil dari konsep Islam Nusantara. Konstruksi bangunan Masjid At-Taufiq memadukan konsepsi Islam Nusantara dengan menyertakan unsur-unsur kearifan lokal, yakni mengikuti adat istiadat Palembang dan adat Minang.

Diakhir penyampaiannya Basarah menyampaikan, dengan demikian secara keseluruhan, konsep bangunan Masjid At-Taufiq ini mencerminkan nasionalisme religiusnya Bangsa Indonesia, pungkasnya (int).