Mengenal Lebih Dekat Putra Daerah OKU, Kombes Pol Drs. Lamazi, AS

oleh -149 views

BATURAJA OKU-“Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak disuka”, pepatah tersebut sangat pas dialamatkan kepada putera daerah kelahiran dan dibesarkan di Kabupaten OKU atau yang biasa disebut Bumi Sebimbing Sekundang. Kombes Pol. Drs. Lamazi AS, dia berasal dari keluarga sederhana, keluarga petani kebanyakan di Kabupaten OKU.

Asal usul keluarganya, berasal dari dusun Mendala, Kedaton, Bindu dan Belatung Kecamatan Peninjauan, KPR, dan Lubuk Batang. Orang tua H. Ahmad Syukur  dan Ibu Hj. Nurhuda tinggal di Kelurahan Air Gading, Kecamatan Baturaja Barat sejak tahun 1950.

Kombes Pol. Drs. Lamazi dan Istri tercintanya

Lamazi bersekolah sejak SD sampai dengan SMA semuanya di Kota Baturaja, bahkan saat ini ia dipercaya sebagai Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri I (IKA SMASA) Baturaja OKU hingga tahun 2021. Keseharian  Kombes Pol Drs. Lamazi AS menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Sumatera Selatan. Sebelumnya menjabat Karo Rena  Polda Kepri di Batam.

Meniti karir dilingkungan polri sejak tahun 1984, penugasan pertama di Kota Bandung, Jawa Barat. Berbagai penugasan telah dilalui baik dibidang Operasioanal, Pembinaan dan Operasi Kepolisian serta di Lembaga Pendidikan Polri.

Ia menyampaikan, sudah enam (6) Provinsi tempat bertugas, syarat akan pengalaman, mengenal adat-istiadat merupakan modal dalam memimpin dalam suatu organisasi, apalagi tugas Polri berkaitan langsung dengan kemasyarakatan, sehingga dinamika dimasyarakat ia paham betul.

Menyanyi bersama Istri dan Kapolda Sumsel

Istri dari Kombes Pol Drs. Lamazi AS adalah Putri Bali asal Tabanan, juga Anggota Polri AKBP Dra. Ni Ketut Widayana Sulandari. Saat ini menjabat sebagai Kapolres OKU. Polwan pertama yang menjadi Kapolres di wilayah Hukum Polda Sumatera Selatan, banyak hal yang telah dilakukannya untuk menciptakan Polri sebagai Pengayom, Pelindung, dan Pelayanan Masyarakat

Baca Juga :   Bupati Bekasi, Kepala Daerah Ke-99 Yang Diproses KPK Sejak 2004

Lamazi, dikaruniai tiga (3) orang putra/putri yang semuanya mengenyam pendidikan keagaman mulai dari TK pada Yayasan Al-Azhar di Jakarta. Insya Allah, semua anaknya tahu mana yang baik dan mana yang dilarang oleh agamanya.

Keluarga Kombes Pol. Drs. Lamazi, AS

Putra pertama Muhammad Rillo Priambudi Lamas, ST (Tambang) berkerja di Perusahaan Batubara di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, sudah berumah tangga beberapa waktu yang lalu. Della Intan Rachmawati Lamas putri kedua, saat ini sedang kuliah di Fakultas Kedokteran di Jakarta. Putri ketiga Anisya Ananda Lamas, Kelas 2 SMA di Jakarta.

Dilanjutkannya, masa dinas aktifnya di kepolisian hingga tahun 2021, selama bertugas ia lalui dengan sukses, lancar dan biasa-biasa saja sesuai dengan standar yang ada. Dari pandangan masyarakat, yang tidak kalah pentingnya orangnya sederhana, supel, suka bergaul dengan siapa saja dan humoris juga, tidak kalah dengan istri tercintanya AKBP Dra. NK Widayana Sulandari yang saat ini menjabat Kapolres OKU. Masyarakat berharap, orang seperti beliaulah kedepannya dapat mengabdikan dirinya pada daerahnya. Amin. (yudi)