Membludak, Danau Ranau Menjadi Magnet Tersendiri Bagi Pengunjung Setianya

oleh -104 views
Pantai Pelangi Danau Ranau OKU Selatan

BANDINGAGUNG OKUS-Pengunjung kawasan wisata Danau Ranau Kabupaten OKU Selatan membludak di hari pertama tahun 2020 ini. Dari pintu masuk mualai dari Simpang Sender maupun dari pintu masuk Villa Pusri terlihat padat ramai.

Dari pantauan media, suasana di sepanjang kawasan Danau Ranau benar-benar padat. Pengunjung di dermaga Banding Agung, Taman Bunga, Pantai Pelangi, Pemandian Air Panas, Pulau Marisa, Air Terjun Subik dan Arung Jeram ini berjubel memenuhi setiap sudut di Danau Ranau.

Kawasan Wisata Danau Ranau OKU Selatan

Para pengunjung tidak datang sendiri, kebanyakan dari mereka datang bersama keluarga.
Selain melihat pemandangan yang begitu indah sejauh mata memandang, para pengunjung juga memadati hiburan yang disediakan pihak pengelola Danau Ranau.

Yang juga banyak diminati para pengunjung yakni Pantai Pelangi, berenang pakai ban mobil, bermain Banana Boat dan bermain Jet Sky. Sentra kuliner khas Ranau juga tak lepas dari serbuan para pengunjung.

Tak banyak ruang tersisa yang ada di kawasan wisata Danau Ranau. semuanya pun dipenuhi oleh pengunjung yang lesehan menggelar tikar. Mereka bersama keluarga beristirahat sambil membuka bekal yang mereka bawa dari rumah. Di tikar itu, mereka bahkan tidur. Capek membuat mereka tak sungkan untuk memejamkan mata karena kelelahan usai bermain.

Arung Jeram dikawasan Danau Ranau

Di luar Kawasan Danau Ranau juga terlihat kepadatan lain. Tempat parkir resmi sudah tak muat lagi menampung luberan mobil dan motor yang terus mengalir masuk. Sebagai alternatif, munculah tempat parkir dadakan. Luberan motor dan mobil itu ditampung di rumah-rumah penduduk sekitar.

Salah seorang wisatawan lokal, Anita Dewi bersama keluarga mengajak keluarga libur Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, menjadi waktu yang tepat untuk berwisata bersama keluarga tercinta. Salah satu objek wisata yang menjadi icon Kabupaten OKU Selatan yakni Danau Ranau dan kulinernya.

Baca Juga :   PPN & PPh Pengaruhi Harga Jual Bulog Untuk Bantuan Covid-19 OKU

Sepekan terakhir ini jumlah wisatawan yang datang mencapai ribuan orang. Puncaknya pada hari pertama Tahun 2020, kawasan Danau Ranau mengalami lonjakan pengunjung ini dikarenakan berbarengan dengan libur sekolah sehingga tempat-tempat wisata membludak seperti saat ini, ujarnya.

Suasana pintu masuk Kawasan Danau Ranau

Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan Darmawan Hakis, SE, MSi saat dihubungi media,  membludaknya pengunjung kawasan wisata Danau Ranau mengatakan, ini memang yang kita harapkan dan para pengunjung ini mulai berdatangan sejak Selasa (31/12/2019).

Dilanjutkanya, para wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata di Danau Ranau kali ini melebihi kunjungan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari kemacetan sepanjang beberapa kilometer di jalan Villa Pusri menuju Banding Agung dan arah sebaliknya.

Kepadatan pengunjung ini diperkirakan hingga tiga hari ke depan. Kadis Pariwisata mengatakan, pihaknya dibantu pihak terkait lainnya seperti Satlantas Polres OKU Selatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP OKU Selatan memerlukan waktu lebih kurang satu jam untuk mengurai kemacetan hingga seluruh kendaraan bisa lancar melintas, baik yang datang maupun yang meninggalkan Danau Ranau, pungkasnya (yd).