Marc Marquez Juara MotoGP Di Jepang, Sekaligus Juara Dunia 2018

oleh -36 views
Marc Marquez, Pembalap Repsol Honda

JAKARTA-Marc Marquez tidak mau menunda pesta juara dunia MotoGP 2018. Pembalap Repsol Honda itu tak membuang-buang kesempatan dengan menjadi yang terdepan pada balapan MotoGP Jepang 2018 di Twin Ring Motegi. Kemenangan pada MotoGP Jepang 2018 membuat Marc Marquez sudah tak lagi mungkin digusur dari puncak klasemen. Tambahan 25 poin membuatnya kini sudah mengoleksi 296 poin. Kemenangan Marquez juga sedikit terbantu dengan kesialan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang sempat terjatuh. Minggu (21/10)

Di tiga balapan tersisa, tak ada lagi pembalap yang bisa menyalip Marquez di puncak klasemen, termasuk Dovi. Dan ini jadi gelar juara dunia MotoGP kelima yang didapat The Baby Alien dari enam musim kiprahnya di kelas utama. Start bagus dilakukan Dovi dengan menjaga posisi pertama. Sedangkan posisi kedua ditempati Jack Miller yang diikuti Marquez. Namun, tak butuh waktu lama bagi Marquez untuk segera menyalip Miller.

Marc Marquez Juara motoGP Jepang & Dunia

Di barisan belakang, Valentino Rossi juga melakukan start yang bagus. Memulainya dari posisi kesembilan, pembalap Movistar Yamaha itu menyodok untuk mengambil urutan kelima. Duel sengit, memasuki lap keempat, pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow membuat kejutan. Ia melakukan overtake untuk merebut posisi kedua dari penguasaan Marquez. Aksi Crutchlow diikuti penampilan ciamik Rossi yang merebut posisi keempat. Pertarungan Marquez dan Crutchlow berjalan cukup menarik.

Pada lap ketujuh, ia gantian mengasapi Crutchlow untuk kembali menguasai posisi kedua. Saat keduanya bertarung, Dovi tampak masih nyaman menguasai posisi terdepan. Memasuki lap ke-10, tak ada perubahan pada posisi tiga terdepan. Sedangkan Rossi harus rela melihat Alex Rins menyalipnya di tikungan kelima. Terlihat bahwa Rossi mulai bermasalah dengan grip motornya.

Duel Marquez dan Dovi terjadi di lap ke-13. Marquez awalnya melewati Dovi ditikungan kesembilan. Tapi, dua tikungan setelahnya, Dovi kembali mengambil alih posisi pertama. Marquez pun terlihat belum terlalu ngotot untuk bertarung dengan Dovi terlalu dini. Hingga memasuki tujuh lap terakhir, belum ada tanda-tanda dari Marquez untuk bertarung serius dengan Dovi.

Baca Juga :   Bupati OKU : Raih Piala Adipura Ke Dua, Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Kita Bersama
Marc Marquez, Pembalap motoGP

Namun, kali ini keduanya memang sudah meninggalkan Crutchlow cukup jauh. Serangan Marquez akhirnya terlihat diempat lap terakhir. Ia menyalip Dovi di tikungan kesembilan. Saat balapan tersisa dua putaran, Dovi malah melakukan kesalahan hingga terjatuh. Hal itu membuat Marquez tak kesulitan mengamankan posisi terdepan hingga menyentuh garis finis. Dan Marquez pun resmi jadi juara dunia MotoGP 2018.

Marquez finis terdepan dengan catatan waktu 42 menit 36,438 detik. Ia unggul 1,573 detik dari Cal Crutchlow (LCR Honda0. Alex Rins (Suzuki Ecstar) finis di posisi ketiga. Bagi Marquez, 25 tahun, ini menjadi gelar kelimanya di kelas primer atau yang ketujuh di berbagai kelas. Ia pertama kali menjuarai MotoGP pada 2013 atau di tahun debutnya. Ia kemudian hanya gagal juara pada 2015, saat finis di belakang dua pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Marquez menyamai torehan pembalap Repsol Honda lain, Mick Doohan, yang mampu menjadi juara lima kali di kelas primer. Ia hanya kalah dari Valentino Rossi (7) dan Giacomo Agostini (8). Marquez kini mengemas nilai 269, sehingga nilainya tak mungkin dikejar Dovizioso (194) dan Valentino Rossi (182). (int)