M Syahril Pensiunan Kepala BRI Unit Terpilih Jadi Ketua RT 01/RW 02 Air Paoh

oleh -78 Dilihat
Warga memasukkan surat suara disaksian para Calon Ketua RT

BATURAJA,Samudra.News-Lingkungan RT 01 RW 02 Dusun II, Desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur-OKU, memiliki tradisi dalam pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) yang unik dilakukan secara Demokratis dan Keterbukaan.

Pemilihan Ketua RT 01 RW 02 Dusun II Air Paoh yang digelar sebelum masanya berakhir dilaksanakan menggunakan sistem pemilihan langsung. Ada dua nama calon yang muncul dalam pemilihan Ketua RT 01/RW 02 yang dilaksanakan di Dalam Masjid Al Muhajirin, Sabtu (21/1/2023).

M Syahril (63) dengan nomor urut dua (2), seorang pensiunan Kepala BRI Unit Martapura-OKU, terpilih sebagai Ketua RT 01/RW 02 Dusun II Air Paoh dengan perolehan suara sebanyak 124 suara. Sedangkan  pesaingnya Saudara Parizon dengan nomor urut satu (1) memperoleh suara 101, selisih suara sebanyak 23.

M Syahril Ketua terpilih RT 01/RW 02 Dusun II Air Paoh

Setelah terpilih, suami dari Nurmag Dalena, SPd ini pun dengan senang hati menerima amanah ini dan mengucapkan syukur Alhamdullah serta berterima kasih kepada pendukungnya sehingga dapat memenangkan pemilihan Ketua RT 01/RW 02 Air Paoh.

Dengan terpilihnya saya sebagai Ketua RT, berarti tidak ada lagi istilah Ketua RT ditunjuk oleh Kepala Desa. Semoga dengan pemilihan langsung yang berjalan dengan lancar, aman dan damai kita kembali beraktifitas seperti biasanya, ujarnya.

Ditambahkanya, saya mengajak kepada seluruh masyarakat RT 01/RW 02 Dusun II Air Paoh mari kita bergandeng tangan untuk memajukan di lingkungan RT kita ini. Tanpa kebersamaan tidak akan bisa saya menjalankan kepemimpinan RT yang terdiri dari berbagai suku, daerah dan sebagainya.

Menjadi Ketua RT 01/RW 02 Dusun II ini amanat dari warga yang harus saya emban. Sebelumnya saya menjadi Ketua RT 01 di era Kepala Desa Edi Poloh. Kini dilanjutkan kembali di era Kepala Desa Arsan, tutupnya.

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Kagumi Festival Danau Ranau Dengan Segala Kearifan Lokalnya
Kandidat calon Ketua RT dan Panitia pemilihan RT

Kepala Desa Air Paoh Arsan yang dimintai komentarnya, mengatakan pemilihan Ketua RT 01 di lingkungan RW 02 ini menjadi luar biasa karena animo dan sikap masyarakatnya serta terasa seperti pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Dia menambahkan, biasanya pemilihan RT itu hanya sekadarnya, bahkan dulunya ada penujukan langsung dari Kepala Desa Air Paoh. Namun kali ini suasanyanya berbeda nuasa demokrasinya sangat terlihat sekali. Bagi warga kesannya merasa memiliki sosok Ketua RT yang diinginkan, tidak seperti membeli Kucing dalam karung, ujarnya.

Pak M Syahril yang terpilih itu langsung disalami warga. Bahkan Pak Syahril itu sampai matanya berkaca-kaca. Figur Pak RT ini benar-benar milik warga. Saya salut betul dengan kebiasaan dan kebersamaan di RT 01/RW 02 Dusun II ini.

Dia menyampaikan semua warga di RT 01 itu berhak untuk dicalonkan dan mencalonkan. Pada kesempatan pemilihan Ketua RT 01 hanya memunculkan dua nama calon. Hak pilihnya sebanyak 140 KK, dalam satu KK mendapat dua kartu suara sebut pak Kades yang baru saja dilantik ini, pungkasnya (yudi).