Home / Dunia / LALU MUHAMMAD ZOHRI PEMUDA SEDERHANA, JUARA DUNIA LARI 100 M

LALU MUHAMMAD ZOHRI PEMUDA SEDERHANA, JUARA DUNIA LARI 100 M

Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 m

NTB-Dari pengamatan media, Zohri bukan berasal dari keluarga mampu. Rumahnya sangat sederhana, demikian juga dengan kamar tidur Zohri yang lapuk, dengan dinding dari anyaman bambu dan kayu. Sebagian dinding ditutupi koran yang sudah lapuk. Bupati Lombok Utara Nasmul Ahyar berkesempatan melihat rumah sederhana Zohri. Sebagai informasi, Zohri merupakan atlet berprestasi untuk lari 100 meter. Pada 2017 dia menyabet 7 emas untuk kejurnas. Pada 2018 dia juga menyabet emas untuk atletik junior Asia 100 meter di Jepang dengan catatan waktu 10,27 detik.  Terakhir, dia menyabet gelar Juara Dunia 100 meter di Finlandia dengan catatan waktu 10,18 detik.

Prestasi Zohri ini membanggakan Indonesia, juga warga Nusa Tenggara Barat (NTB) serta keluarganya di Lombok Utara. Sebab, ini pertama kalinya atlet Indonesia menyabet gelar tersebut.  Siapa sangka, sang atlet lari ini ternyata hidup dalam kesederhanaan dan serba terbatas. Mereka bahkan bersorak saat melihat Zohri menerjang garis finish dan melampaui tujuh atlet lari asing lainnya, termasuk juara dunia asal Amerika Serikat (AS) Anthony Scwaartz dan Eric Harrison.

Alhamdullilah, ini sungguh kejutan buat kami. Saya sebagai kakaknya sangat bersyukur dan tidak pernah menyangka adik saya bisa menjadi juara dunia. Dia benar-benar membuat kami menangis karena bahagia, kata Baiq Fazilla, kakak kandung Zohri yang ditemui, sambil menghapus air matanya. Keluarga, tetangga dan sahabat Zohri terus saja mengulang tayangan aksi Zohri di Youtube sembari mengusap air mata mereka.

Fazilla bercerita, dia dan adiknya merupakan yatim piatu. Zohri sendiri mulai menjadi atlet lari sejak duduk di bangku SMP. Setahun sebelum bertanding di kejuaraan dunia tersebut, Zohri meminta pada kakaknya untuk dibelikan sepatu seharga Rp 400.000.  Dia minta ke saya uang Rp 400.000 untuk beli sepatu sebelum berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan pertandingan ke luar negeri. Saya hanya bisa memberikannya uang seadanya. Saya sangat bangga padanya dan dia tak pernah menuntut, kata Fazilla sembari menyeka air matanya. (int)

Baca Juga :   Demi Mempertahankan Piala Adipura, Andri Windra Siap Benahi Pasar Baru Baturaja Menjadi Lebih Baik

 

 

Tentang redaktur pelaksana

Previous PRESIDEN JOKOWI TEST LRT DARI STASIUN PALEMBANG ICON HINGGA JAKABARING
Next BARU HANURA & PKS YANG SERAHKAN DAFTAR NAMA CALEG KE KPUD OKU

Baca juga

Begini Cara Membongkar WhatsApp Pasangan yang Diduga Selingkuh

SAMUDRA.NEWS-Perselingkuhan bisa terjadi dimana-mana, bukan hanya di tempat kerja dan pertemuan, tapi juga bisa terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *