Kuryana Azis Terenyah dan Menangis Ditengah-Tengah Penyandang Disabilitas

oleh -42 views
Bupati bersama penyandang disabilitas

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang bertemakan “Membangun Masyarakat Makmur, Adil, Berkesinambungan Bagi Penyandang Disabilitas Untuk OKU Lebih Maju dan Berkarya”. Bertempat di Taman Kota Baturaja OKU, Minggu (15/12/2019).

Acara tersebut dihadiri Asisten III, Kadinsos Syaipul Kamal, Kadis PUPR Chandara Dewana, dan Kepala OPD lainnya, Danramil Baturaja, Perwakilan Polres OKU, Direktur PDAM H. Abi Kusno, Perwakilan BPR Baturaja Hendra, Perwakilan Bank Sumselbabel, Bank Mandiri Taspen, penyandang disabilitas dan pendampingnya dari berbagai Kecamatan di  Kabupaten OKU.

Sambutan Bupati OKU Kuryana Azis pada HDI

Bupati Kuryana Azis sebelum menyampaikan kata sambutannya, ia merasa terharu, terenyah dan menangis terbata-bata melihat dan berada ditengah-tengah anak-anak disabilitas yang menghadiri acara ulang tahunnya.

Tadi malam Sabtu (14/12/2019) juga saat ia memberikan hadiah kepada atlet Renang Nasrul (33) asal Desa Belatung Kecamatan Lubuk Batang yang memperoleh 1 Emas dan 1 Perunggu di acara Porprov Prabumulih baru-baru ini.

Kuryana Azis mengatakan yang lebih penting adalah kita beri teman-teman penyandang disabilitas ini kesempatan. Kita beri ruang gerak. Kita kuatkan, agar mereka bisa berkarya positif. Karya yang mungkin tidak bisa dilakukan yang fisiknya normal, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga memotivasi para difabel agar tidak patah semangat dan menjauhi mental minder. Ia menegaskan, Tuhan menciptakan setiap manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Disabilitas yg dapat Doorprize, peraih medali Emas

Kuryana menambahkan dengan terwujudnya partisipasi semua pihak dalam peran serta upaya pemberdayaan dan perlindungan sosial penyandang disabilitas, serta terwujudnya masyarajat yang inklusif bebas hambatan bagi penyandang disabilitas berdasarkan kesetaraan.

Bupati OKU Drs.  H. Kuryana Azis, pun menyerahkan sejumlah bantuan dan uang pribadinya untuk para disabilitas. Kemudian bantuan dari seponsor meliputi 5 unit kursi roda Hismanamigas, 5 unit alat pendengar dari Unbara, 50 Sembako dari Bank Sumsel, 10 dari Bank Mandiri, 40 bingkisan dari Bank Mandiri Taspen, Baju Seragam Panitia dari BPR Baturaja, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga :   KAPOLDA SUMSEL: Polres Banyuasin Jadi Kunjungan Kerja Pertama Diluar Palembang

Sementara, Kadinsos OKU Syaiful Kamal mengucapkan terima Kasih kepada sponsor diantaranya BPR Baturaja, Bank Sumselbabel, Bank Mandiri Tarpen, Hiswanamigas, Unbara, Kici dan sponsor lainnya.

Kadin Sosial bersama Perwakilan BPR Baturaja

Penyaluran bantuan sosial bagi penyandang disabilitas ini merupakan inisiatif para penyandang Disabilitas sendiri, mareka mulai dari perencanaan hingga berjalannya peringatan puncak hari ini di Taman Kota Baturaja.

Syaiful menjelaskan, Hari Disabilitas ini bertujuan memberi pemahaman bagi instansi publik, terutama petugas pendaftaran atau informasi, agar mengetahui yang sebenar-benarnya bagaimana para difabel ini diberdayakan sebagaimana mestinya. Dengan harapan dapat memberi pelayanan sesuai yang diharapkan penyandang difabel itu sendiri, tuturnya.

Oleh karena itu, Syaiful berharap semua elemen konsisten dan terus mengembangkan upaya pemberdayaan kepada penyandang disabilitas. Tanpa dukungan dan kerjasama dari semua pihak, pemberdayaan penyandang disabilitas tidak akan berjalan dengan baik seperti yang diharapkan, pungkasnya (yudi).