Home / OKU Raya / OKU / Kuryana Azis Bantu Gadis Cantik Yang Terkena Penyakit Kanker Tulang

Kuryana Azis Bantu Gadis Cantik Yang Terkena Penyakit Kanker Tulang

Bupati jenguk pasien kanker tulang

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs H. Kuryana Azis kembali melakukan Tali Asih dengan memberikan bantuan sosial kepada Cintani Aryanti gadis cantik siswi SMP asal Desa Bunglai Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) Ogan Komering Ulu (OKU) yang divonis mengidap penyakit Kanker Tulang pada kaki sebelah kanan. Cintani saat ini dirawat di Rumah Sakit dr. Noesmir Baturaja, langsung dibesuk Bupati OKU,  Jum’at (14/06).

Kuryana  Azis mengungkapkan, bahwa ia mendapatkan laporan dari Camat KPR pada Selasa (11/06) lalu. Saat itu, Camat melaporkan ada warga Desa Bunglai terkena penyakit Kanker Tulang. Mendapat informasi seperti itu, Kuryana langsung menginstruksikan Kadin Kesehatan OKU untuk menindaklanjutinya. Alhamdulillah, Cintani sekarang sudah dirawat di Rumah Sakit dr. Noesmir Baturaja, tutur Bupati OKU.

Bupati dan Kadinkes kunjungi pasien

Kepada keluarga Cintani, Bupati OKU berjanji akan membantu pembiayaan pengobatan Cintani. Bila perlu Cintani akan kita rujuk ke Palembang. Kuryana Azis juga menghimbau kepada keluarga yang mampu dan seluruh masyarakat OKU, kiranya dapat mendo’akan agar penyakit Cintani Aryanti segera disembuhkan seperti sedia kala.

Pakar kesehatan menyebutkan jika Kanker Tulang (Sarkoma Ewing) atau Ewing’s Sarcoma adalah sejenis kanker yang langka dan bisa menyerang tulang dan jaringan lunak di sekitarnya layaknya saraf dan juga tulang rawan. Yang mengerikan adalah, kanker ini kerap menyerang mereka yang masih berusia remaja, yakni diantara 10 hingga 20 tahun. 87 persen penderita Sarkoma Ewing mengalaminya di tulang-tulang layaknya tulang paha, tulang panggul, tulang rusuk, dan tulang bahu.

Namun, penyakit ini bisa menyerang semua tulang yang ada di tubuh dan juga saraf. Sayangnya, penyebab dari munculnya penyakit kanker tulang ini belum diketahui mengingat tidak adanya faktor keturunan atau bahkan faktor lingkungan layaknya paparan radiasi hingga paparan zat kimia. Namun, pakar kesehatan menduga jika ada perubahan DNA yang terjadi setelah lahir yang menyebabkan munculnya kanker tulang ini.

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Buka OKU EXPO Dalam Rangka HUT OKU Ke-109
Bupati berbincang dgn orang tua pasien

Kanker tulang termasuk sulit dideteksi dini, jika ada keluhan nyeri pada tulang tertentu yang tidak kunjung sembuh dan semakin nyeri ketika beraktivitas, seperti tulang lengan atas dekat bahu, tungkai bawah (dekat lutut), tungkai atas, panggul, terjadi penurunan berat badan secara drastis, atau badan terasa makin lemah maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

Ciri lain yang harus diwaspadai, seperti tangan atau kaki sering terasa dingin dan kesemutan hingga mati rasa. Jika sakit pada tulang tersebut memang ternyata terkena kanker dan dibiarkan dapat terjadi pembengkakan di area persendian sehingga akan sulit untuk digerakkan dan nantinya akan semakin melemah, rapuh, dan berisiko pada terjadinya patah tulang. Pungkasnya (yudi)

Tentang redaktur pelaksana

Previous Ketua PMI OKU Kuryana Azis, Setetes Darah Membantu Sesama
Next Dua Atlet Balap Sepeda OKU Ikuti Kejurnas dan Kualifikasi Pra-PON Papua 2020

Baca juga

Begini Cara Membongkar WhatsApp Pasangan yang Diduga Selingkuh

SAMUDRA.NEWS-Perselingkuhan bisa terjadi dimana-mana, bukan hanya di tempat kerja dan pertemuan, tapi juga bisa terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *