Kombes Pol Drs. Lamazi AS Hadiri Deklarasi Janji Kinerja 2020 & Komitmen Zona Integritas di Kemenkumham Sumsel

oleh -90 views
Karo Rena Sumsel bersama Kemenkumham

PALEMBANG-Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, MM yang diwakili oleh Karo Rena Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Lamazi AS menghadiri Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 serta Komitmen Bersama Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lapangan Utama Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Palembang, Rabu (15/1/2020).

Dari pantauan media acara tersebut di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan juga dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi, serta turut mengundang Ombudsman RI perwakilan Sumsel, Kejaksaan Tinggi Sumsel, dan Polda Sumsel.

Penekanan tombol serine tanda dimulainya ZI

Kepala Divisi Administrasi, Indra Gunawan Begab menyampaikan, “Deklarasi Janji Kinerja” merupakan agenda yang dilakasanakan pada setiap awal tahun dalam rangka menguatkan komitmen tata nilai budaya kerja Kami PASTI dan meningkatkan integritas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi guna mewujudkan Good Governance.

Deklarasi Janji Kinerja merupakan suatu komitmen yang wajib dilaksanakan oleh seluruh Pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM R.I Nomor : M.HH-04.PR.01.03 Tahun 2019 pada Tanggal 26 Desember 2019 silam.

Sementara itu, Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel sendiri dibacakan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Giri Purbadi.

Penendatangannan kometmen Zona Integritas

Selanjutnya, acara berfokus pada Penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM secara digital Tingkat Unit Pelaksana Teknis dan Tingkat Kantor Wilayah.

Dilanjutkan juga dengan Penandatanganan Pakta Integritas dan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas antara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel yang disaksikan oleh Polda Sumsel.

Baca Juga :   PILKADA SERENTAK DI SUMSEL Tanamkan Komitmen “Siap Menang Siap Kalah”

Selain itu, acara ini juga diselingi dengan Penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pakaian Dinas Harian serta atribut kepada Perwakilan CPNS Tahun 2018 oleh kakanwil. Juga, digelorakannya Yel-Yel Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM yang dibawakan oleh Petugas Pemasyarakatan LPKA Klas I Palembang.

Foto bersama usai penandatanganan kometmen

Di akhir kegiatan, diberikan arahan dari Ajub Suratman selaku Kepala Kantor Wilayah sekaligus Pembina Apel. Kakanwil menyampaikan bahwa Janji Kinerja bukan hanya sekadar diucapkan, melainkan harus segera diimplementasikan dalam perjalanan berkinerja sepanjang tahun 2020 ini.

“Janji Kinerja adalah bagian dari pondasi yang menjadi dasar dalam bekerja dan berkinerja secara Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI). Kita juga telah menetapkan Target Kinerja yang merupakan buah pikir dari seluruh jajaran yang harus kita laksanakan dan sukseskan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Kombes Pol Drs. Lamazi AS bersama Kemenkumham

Pada tahun 2019 lalu, bertepatan dengan Hari Anti korupsi Sedunia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah yang berhasil membangun Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.

“Dari 44 unit kerja di bawah Kemenkumham yang mendapat penghargaan itu, kita patut bangga bahwa ada 3 (tiga) Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel yang meraih penghargaan sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat WBK, yaitu LPKA Klas I Palembang, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim, dan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim.

Dengan modal integritas yang kuat, yang selalu kita kokohkan setiap tahun melalui “Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM”, saya berharap prestasi tersebut dapat meningkatkan komitmen masing-masing UPT untuk memberikan pelayanan yang bersih, profesional, akuntabel, dan berprinsip pada nilai-nilai good governance,” amanat Kakanwil, ungkasnya (ril/yd).