Home / Adv / Ketua PMI OKU Kuryana Azis, Setetes Darah Membantu Sesama

Ketua PMI OKU Kuryana Azis, Setetes Darah Membantu Sesama

Ketua PMI menyerahkan piagam penghargaan

BATURAJA OKU-Tiap tanggal 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Ada banyak orang yang membutuhkan darah, namun untuk bisa mendonorkan darah tidak semua orang bisa terdapat kriteria tertentu. Donor darah bisa membantu menyelamatkan kehidupan seseorang dan juga banyak manfaat bagi pendonor itu sendiri.

Begitupun halnya yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKU pada tanggal tersebut menggelar kegiatan Donor Darah dan Apel bersama dengan para Relawan PMI dan masyarakat yang menjadi relawan donor darah yang bertempat di halaman Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) PMI OKU, Jum’at (14/06).

Kuryana Azis menyaksikan donor darah

Ketua PMI OKU Drs. H. Kuryana Azis yang sehari-harinya menjabat sebagai Bupati OKU memimpin apel Hari Donor Darah Sedunia. Dari pantauan media, hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UTDC PMI OKU dr. Doddy Numirsyah, Sp.B, Sekretaris PMI OKU, Yunizir Djakfar, SSos, Kepala Dinas Kesehatan OKU Husni Thamrin, para relawan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kuryana Azis mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh Relawan PMI OKU sebagai pejuang kemanusiaan yang dengan penuh keikhlasan mendonorkan darahnya untuk membantu sesama. Dengan peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini, Kuryana berharap dapat menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam bidang kesehatan dan juga untuk mensosialisasikan kepentingan donor darah kepada masyarakat, ujarnya.

Poto bersama dinas/instansi yg aktif mendonor

 

Kuryana Azis memberikan tip dan manfaat menjadi pendonor darah aktif, manfaat donor darah diyakini memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 80%. Selain itu, rutin donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi lebih stabil.

Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu produksi sel-sel darah merah baru yang membantu tubuh tetap sehat. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behaviour menyebutkan orang yang suka menolong cenderung hidup lebih lama dibandingkan yang tidak. Mendonorkan darah merupakan tindakan sosial yang bertujuan membantu, sehingga membuat pendonor merasa lebih bahagia dan damai, pikiran pun cenderung stabil, tuturnya.

Baca Juga :   Al-Hidayah OKU Gelar Pengajian & Memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1440 H
Ketua PMI poto bersama tenaga kesehatan

Saat donor darah, seorang pendonor akan dicek kesehatan juga, ketika darah yang dimiliki berada di dalam kantong darah, tim medis akan memeriksa di laboratorium untuk melihat apakah ada penyakit tertentu, jika hasilnya negatif darah kamu akan bisa disumbangkan ke orang yang membutuhkan. Jika terdapat suatu penyakit, kamu akan diberitahu apa yang sebenarnya terjadi.

Sebelum donor darah, hal yang perlu kamu lakukan adalah tidur yang cukup, beritahu petugas tentang riyawat konsumsi obat dan jenis obat yang sedang dikonsumsi, perbanyak minum air putih, dan utamakan makan-makanan yang mengandung zat besi seperti, daging sapi, ikan, brokoli, bayam, atau sayuran hijau. Ia juga mengajak seluruh masyarakat OKU mari berpartisipasi secara aktif mendonorkan darahnya secara rutin.

Pada kesempatan itu juga Kuryana Azis memberikan apresiasi dan memberikan penghargaan berupa Piagam Penghargaan kepada Lembaga/Instansi/Perusahaan yang telah memberikan dedikasinya dalam kegiatan donor darah dengan sukarela secara rutin.

Poto bersama relawan dan paramedis

Sementara itu, Kepala UTDC PMI OKU dr. Doddy Numirsyah, Sp.B yang dibincangi usai apel menargetkan pada peringatan hari donor darah sedunia ini dapat mengajak relawan pendonor sebanyak-banyaknya, hal ini untuk menambah dan menjaga kebutuhan stock darah di UTDC PMI OKU. Target sebanyak-banyaknya, tapi kalau tadi sudah ada 50 pendonor yang mendaftar, jelasnya.

Di OKU sendiri disebutkankannya membutuhkan sekitar 300-400 kantong darah setiap bulannya. Jumlah ini menurutnya masih bisa terpenuhi oleh UTDC PMI OKU. Namun rata-rata donor darah untuk pasien masih didominasi oleh pendonor keluarga. Pihak UTDC PMI OKU juga rutin mengadakan aksi donor darah masal di Perusahaan/Dinas/ Instansi yang ada di OKU. Kami juga mendatangi Desa Siaga yang menjadi desa binaan donor darah UTDC PMI OKU. Pungkasnya (yudi)

Tentang redaktur pelaksana

Previous DPRD OKU Gelar Paripurna Nota Pengantar Sembilan Raperda
Next Kuryana Azis Bantu Gadis Cantik Yang Terkena Penyakit Kanker Tulang

Baca juga

Kuryana Azis Mengapresiasi Keberhasilan Atlet OKU Meraih Medali di Pepaprov Sumsel

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs H. Kuryana Azis menghadiri sosialisasi multi event Pekan Olahraga Paralimpic Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *