Ketua KPK Firli Bahuri Tunjuk dan Perkenalkan Dua Plt Juru Bicara

oleh -43 views
Ketua KPK bersama dua plt juru bicara

JAKARTA-Ketua KPK, Firli Bahuri, menunjuk dua Plt juru bicara yakni Ali Fikri sebagai Plt. Juru Bicara di bidang Penindakan dan Ipi Maryati sebagai Plt. Juru Bicara di bidang Pencegahan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Sebanyak13 jabatan di KPK kosong, sehingga di rangkap. Kami memandang perlu menunjuk juru bicara sementara, sedangkan Febri Diansyah akan fokus pada Biro Humas, ujar Ketua KPK, Firli Bahuri dalam konferensi pers.

Keduanya berkomitmen menjaga komunikasi dengan wartawan, dan meneguhkan komitmen pimpinan KPK mengenai keterbukaan informasi bagi publik. Dua jubir ini akan mengemas transparansi dan akuntabilitas terkait kinerja KPK, kata Firli.

Firli menegaskan dimunculkannya dua nama tersebut menjadi jubir baru KPK adalah buah diskusi dari lima komisioner lembaga antirasuah tersebut. Menurut mereka, kata Firli, pengelolaan humas dengan tugas-tugas pokok lebih dari sekadar tugas juru bicara.

Usai penunjukan oleh Ketua KPK, kepada awak media, Ipi mengatakan sebelumnya selama satu tahun bekerja di Biro Humas KPK dan lebih banyak mengurus tentang isu-isu pencegahan.

Penunjukan ini, kata dia, diharapkan dapat memenuhi komitmen Pimpinan KPK terkait program pencegahan yang memang lebih diperhatikan pimpinan Jilid V. Ke depannya kita dapat lebih bijak lagi mengelola atau menyampaikan informasi, kata Ipi kepada wartawan dalam konferensi pers.

Sementara itu, Ali Fikri merupakan jaksa penuntut umum (JPU) KPK. Ia hanya menyampaikan akan belajar banyak dari Febri Diansyah yang menduduki posisi juru bicara sebelumnya.

Pada informasi kasus yang berkaitan tentang penindakan, teman-teman nanti bisa bertanya lebih lanjut ataupun kemudian menyampaikan hal-hal lain terkait dengan perkembangan, terkait dengan bagaimana penanganan perkara, yang selama ini sudah dengan baik disampaikan oleh Mas Febri, ujar Ali.

Baca Juga :   PRIA BERISTRI Mengalami Luka Robek Ditusuk Wanita Simpanannya

Kami berharap teman-teman dapat membantu. Kami akan belajar lebih banyak dengan Mas Febri terkait bagaimana cara berhubungan dengan baik dengan para wartawan, sambungnya.

Ketua KPK yang lama dan yang baru

Untuk diketahui selama ini, Febri Diansyah merangkap jabatan itu selain Kepala Biro Humas KPK. Febri mengatakan sudah tak menjabat lagi sebagai jubir per hari ini. Saya akan fokus dan lebih maksimal menjalankan tugas sebagai Kabiro Humas, katanya.

Febri mulai menjabat Kabiro Humas pada 6 Desember 2016. Pada saat itu aturan yang berlaku ialah Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2015. Di aturan itu, secara spesifik disebutkan bahwa Kabiro Humas merangkap jubir KPK.

Namun, dalam Peraturan KPK Nomor 3 Tahun 2018 posisi itu dipisah. Febri mengatakan pimpinan saat itu, Agus Rahardjo cs memutuskan dirinya tetap merangkap sebagai jubir KPK. “Pimpinan memutuskan Kabiro Humas tetap

Penunjukan plt jubir ini dilakukan karena KPK baru akan melakukan seleksi jubir pada Januari 2020. Seleksi itu bersamaan dengan jabatan struktural lainnya, pungkasnya (int).