Ketua DPRD Terima Kunjungan Kapolres OKU Dalam Rangka Penerapan ETLE

oleh -151 Dilihat
Ketua DPRD OKU Ir, H, Marjito Bachri menerima Audiensi Kapolres dan Jajaran Polres OKU

BATURAJA,Samudra.News-Ketua DPRD OKU Ir, H, Marjito Bachri menerima Audiensi Kapolres dan Jajaran Polres OKU dalam rangka rencana penerapan ETLE di Kabupaten OKU. Bertempat di Ruang Kerja Ketua DPRD OKU. Senin (30/05/2022).

Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, SIK  beserta jajaran melakukan audiensi dengan Ketua DPRD OKU terkait penerapan Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcemnet (ETLE), khususnya di Wilayah Kabupaten OKU. Rencana ini mendapat dukungan penuh Wakil Rakyat OKU.

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo, SIK menyampaikan, bahwa hari ini memang direncanakan untuk bertemu dengan Ketua DPRD OKU dan Plh. Bupati OKU dalam rangka dukungan upaya kita terkait dengan menjaga situasi dan kondisi khususnya keamanan dan ketertiban lalu lintas.

Di awal tahun ini sudah ada rencana dari Kapolda, yang dimulai dari wilayah Kota Palembang, sudah ada beberapa titik yang dipasang sistem yang bernama ETLE (Electronic Traffic For Law Enforcement) serta program ini juga sudah mulai dilaksanakan di beberapa Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel.

Kapolres OKU, program ETLE ini merupakan inovasi dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam upaya penegakan hukum kepada para pelanggar lalu lintas.

ETLE adalah sistem penegakan hukum berbasis teknologi dengan memanfaatkan perangkat elektronik (CCTV) yang dapat mendeteksi pelanggaran lalu lintas.

Dikatakan Kapolres OKU rencana penerapannya tahap awal akan dibuat pada dua titik, yakni di jalan Sudirman dekat Simpang Ramayana dan Simpang Empat Air Paoh, alasannya karena di dua titik ini angka pelanggaran lalu lintasnya cukup tinggi.

ETLE ini adalah komitmen kepolisian untuk mendorong penegakan hukum yang transparan. Untuk itu dalam penerapannya kami mohon dukungan dari Pemerintah Kabupaten OKU dan DPRD OKU.

Baca Juga :   POTENSI SISWA HARUS DIGALI SUPAYA BERKEMBANG

Kapolres OKU menjelaskan bahwa penerapan ETLE ini memberikan banyak manfaat terutama dalam mendisiplinkan masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas.

Sistem ETLE ini bisa memberikan efek sehingga masyarakat lebih disiplin dalam berlalu lintas, selain itu juga bisa mendeteksi kendaraan yang belum membayar pajak, tentu hal ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten OKU.

Kapolres OKU menjelaskan bahwa ETLE ini juga berguna untuk mendeteksi orang dengan catatan kriminal misalnya mendeteksi DPO dan sebagainya

ETLE ini juga berguna dalam mengungkap kasus kejahatan, karena memiliki teknologi Face Recognition 9 Megapiksel. Sistem ETLE berjalan 24 jam penuh. bukan hanya pelanggaran, tetapi juga bisa memantau trafic kendaraan, dan juga dikembangkan untuk mendeteksi Kendaraan Over Load Over Dimension atau ODOL, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Foto bersama Ketua DPRD OKU, Kapolres dan Jajaran Polres OKU

Sementara itu Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri dalam kesempatan ini mengapresiasi dan akan mendukung serta mendorong kegiatan ini dapat terlaksana di Kabupaten OKU. Marjito juga menginstruksikan perangkat daerah terkait agar berkoordinasi dalam penganggaran penerapan program ETLE ini.

Kita sepakat mendukung program ini, dan ada baiknya perlu disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat.

Ir. H. Marjito Bacri menyatakan kesiapannya dalam mendukung rencana penerapan ETLE di Kabupaten OKU. Kami akan segera tindak lanjuti dan berkoordinasi dengan Pemkab OKU untuk membahas penerapan ETLE di Kabupaten OKU.

Terimakasih kepada Kapolres OKU beserta jajaran atas program ini dan Insha Allah niat baik kita ini dapat terwujud dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban berlalu lintas di wilayah hukum Kabupaten OKU.

Kami sangat mendukung, sesuai dengan aturan yang ada, hal ini akan segera kita tindak lanjuti bersama OPD terkait, agar ETLE ini dapat segera kita terapkan di Kabupaten OKU, pungkasnya (yudi).