Ketua DPP IKM Andre Rosiade Protes, Minta Babiambo Setop Jual Menu Rendang Babi

oleh -56 Dilihat
Ketua DPP Ikatan Keluarga Minang yang juga Anggota DPR RI, Andre Rosiade

JAKARTA,Samudra.News-Ketua DPP Ikatan Keluarga Minang yang juga Anggota DPR RI, Andre Rosiade menghimbau ke pemilik restoran Babiambo untuk mengubah nama seiring polemik yang ditimbulkan.

Andre meminta pemilik restoran yang menjual menu olahan Babi itu tidak lagi menggunakan kata Minang atau hal lain bermakna serupa, ujarnya.

Adapun imbauan itu seiring adanya aduan dari masyarakat Minang yang merasa resah atas kehadiran restoran Babiambo yang viral karena menjual menu masakan Rendang Babi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kami di DPP IKM sudah mendapatkan aduan dari masyarakat seluruh Indonesia. Untuk itu, kami mengimbau pengusaha dari restoran Babiambo ini untuk mengubah nama restorannya, jangan berhubungan dengan unsur Minang, kata Andre dalam keterangannya, Jum’at (10/6/2022).

Andre menjelaskan menu olahan Babi itu tidak sesuai dengan Falsafah Minang Kabau yang kuat dengan nilai-nilai Islam, yakni Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, katanya.

Sedangkan yang bersangkutan menjual nilai Babi, tentu tidak identik dengan nilai-nilai Minang Kabau, ujar Andre Rosiade.

Karena itu Andre mewakili Ikatan Keluarga Minang meminta restoran terkait tidak lagi memproduksi olahan Rendang Babi.

Kami mengimbau kepada pengusahanya untuk mengganti nama restorannya dan jangan menjual Rendang Babi. Rendang itu makanan Khas Minang. Untuk itu, kami mengimbau tidak usah memproduksi Rendang Babi, tegasnya.

Terkini, Polisi membawa pemilik restoran Padang Babiambo yang menjual rendang daging babi di Kelapa Gading, Jakarta Timur. Dia bawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.

“Iya sudah dibawa ke Polsek untuk dimintai keterangan,” kata Kapolsek Kelapa Gading Kompol Vokky Sagala saat dikonfirmasi, Jum’at (10/6/2022).

Jagat media sosial sempat digegerkan oleh beredarnya foto menu nasi babi yang dijual di gerai restoran Padang bernama Babiambo yang disebut berlokasi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga :   Kejari OKU Selamatkan Aset Pemkab, PJ. Bupati OKU Serahkan Piagam Penghargaan

Banyak kalangan menilai menjual aneka olahan Daging Babi di Rumah Makan Padang adalah bentuk penghinaan.

Jagat media sosial sempat digegerkan oleh beredarnya foto menu nasi babi yang dijual di gerai restoran Padang bernama Babiambo ini.

Untuk diketahui, rumah makan Padang lazimnya tidak menjual lauk berbahan dasar daging babi. Dikutip dari SuaraSumbar.id, Jum’at, restoran Padang Babiambo ini menjual bermacam menu olahan daging babi (int).