Ketua Bawaslu Dewantara Jaya, Melantik 39 Panwascam se Kabupaten OKU

oleh -55 views
Ketua Bawaslu saat melantik Panwascam

BATURAJA OKU-Setelah mengikuti tahapan seleksi yang cukup panjang mulai dari test online (CAT) menggunakan metode socrative dan wawancara, akhirnya 39 Panwascam terpilih resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), OKU, Dewantara Jaya. Di BIL Hotel Baturaja OKU, Minggu (22/12/2019).

Dari pantauan media kegiatan tersebut juga dihadiri Kordiv HPP, Anggi Yumarta dan Koordinator Sekretariat (Korsek), Bawaslu OKU, Jonaidi, Asisten III Setda OKU, H. Romson Fitri, SH, MH, Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, Unsur Muspida dan undangan lainnya.

Sambutan Ketua Bawaslu Dewantara Jaya

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya menyampaikan sambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan. Garis besar dalam sambutan disampaikan, pembentukan Panwascam dilakukan dengan desain rekrutmen sebagai keputusan Bawaslu tentang pedoman Pembentukan Panwascam.

Salah satu dimensi penting adalah untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang betul betul siap mendedikasikan seluruh kemampuan dan kepastiannya untuk melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain faktor integrasi dan kridibilitas, pengetahuan dan wawasan terkait pemilihan juga terampil sebagai seorang Panwascam dituntut untuk menguasai keterampilan dasar seperti kemampuan menggunakan komputer.

Seleksi Panwascam ini tentu tidak muda, sekaligus inilah yang menjadi salah satu pembeda seleksi Panwascam dengan proses seleksi-seleksi Panwascam yang tercermin melalui seleksi tersebut di Bawaslu Kabupaten/Kota serta kelompok kerja lainnya.

Saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Penyelenggaraan pemilu 2019 menjadi pengalaman bagi Bawaslu, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota. Pengalaman tersebut menjadi modal sosial dalam mengelola pengawasan Pemilihan tahun 2020.

Termasuk mengola tugas pengawasan Kecamatan. Sekali lagi pengalaman pemilu 2019 menjadi modal mengelolaan tugas Panwascam, katanya.

Tantangan dalam penyelenggaraan pemilihan, berdasarkan bentangan sejarah pelaksanaan pemilihan bila dibandingkan dengan penyelenggaraan pemilu sebelumnya sangat berbeda. Tipologi aktor politik, relasi antar aktor politik, potensi konplik dan lain sebagainya berbeda dalam dua jenis pemilu tersebut.

Baca Juga :   Kuryana Azis Lantik Komisaris dan Direksi BPR Baturaja
Panwascam dilantik oleh Ketua Bawaslu OKU

Maka tentu diperlukan kualitas, integritas dan kribelitas Panwascam yang dapat menyelenggarakan pengawasan di tingkat Kecamatan sehingga pemilihan dapat berjalan secara demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

Panwascam terpilih adalah, orang orang pilihan, yang sesuai ekpetasi kita semua, katanya. Keterpilihan sahabat-sahabat Panwascam melalui kompetisi yang sehat, sehingga menyebabkan calon-calon Panwascam lainnya tidak terpilih.

Atas keterpilihan sahabat semua, saya ucapkan selamat datang di keluarga besar Bawaslu OKU. Kita semua akan bekerjasama melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban untuk terselenggaranya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 yang demokratis, langsung, umum bebas dan rahasia. serta jujur dan adil.

Foto bersama usai pelantikan Panwascam

Saya berpesan kepada sahat-sahat semua untuk selalu menjaga Integtitas dan nama baik keluarga besar Bawaslu dengan selalu tunduk dan patuh pada ketentuan peraturan perundang-undangan. Selamat bekerja, katanya.

Sebelumnya, Kordiv HPP Bawaslu OKU, Anggi Yumarta pada sambutanya menyampaikan ada 39 Panwas Kecamatan se Kabupaten OKU dilantik dan diambil sumpah/janji. Ia mengingatkan agar fokus dan professional dalam bekerja.

Pastinya frekuensi dengan keluarga berkurang. Pengawasan harus dilakukan maksimal. Kita tidak bekerja sendiri. Dalam menjalankan tugas dan fungsi kita bekerjasama dengan TNI, Polri, Insan Pers dan seluruh lapisan. Jadikan patner di wilayah masing-masing. Diharapkan agar dapat segera berkaloborasi dengan unsure Kecamatan, TNI dan Polri, pungkasnya (ren/yudi).