Kepala BPS OKU Buka Rapat Koordinasi Kecamatan Sensus Penduduk 2020

oleh -41 views
Menyanyikan lagu Indonesia Raya

BATURAJA OKU-Kepala BPS Kabupaten OKU, Ir Budiriyanto, MAP membuka kegiatan Rapat Koordinasi Tingkat  Kecamatan (Rakorcam) Sensus Penduduk 2020 Kecamatan Baturaja Timur. Bertempat di Aula Kecamatan Baturaja Timur OKU, Kamis (20/2/2020).

Dari pantauan media acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Dukcapil H. Ajahri, SSos, MSi, Camat Baturaja Timur Ogan Amrin, SSTP, MSi, unsur Polsek Baturaja Timur, Perangkat Kecamatan Baturaja Timur, para Kades/Lurah, Sekdes/Seklur se Kecamatan Baturaja Timur.

Menurut Budiriyanto, Rakorcam ini adalah merupakan tindaklajut dari Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Sensus Penduduk 2020 yang baru selesai dilaksanakan di Hotel BIL. Pada hari ini, ada Lima Kecamatan yang sedang melaksanakan Rakorcam yakni Kecamatan Baturaja Timur, Lubuk Batang, Semidang Aji, Peninjauan dan Lubuk Batang.

Suasan rakor BPS Kecamatan Baturaja Timur

Sementara Kecamatan Lengkiti dan Sosoh Buay Rayap telah melaksanakan Rakorcam sehari sebelumnya.

Berikutnya adalah Kecamatan Baturaja Barat, Sinar Peninjauan dan KPR yang akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2020 dan sisanya Kecamatan Pengandonan, Muara Jaya dan Ulu Ogan akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 26 Februari 2020.

Ditambahkanya, tahapan yang sangat penting dalam pengumpulan data yang melibatkan partisipasi aktif penduduk adalah pada tahap 3 yaitu Sensus Penduduk Online. Sensus Penduduk Online akan dilakukan pada periode 15 Februari s.d 31 Maret 2020.

Mencakup seluruh keluarga dan penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang bertempat tinggal dalam wilayah teritorial Indonesia, termasuk wilayah teritorial Indonesia di luar negeri.

Sambutan Ketua BPS, Ir, Budiriyanto, MAP

Diharapkan dengan adanya Rakorcam ini semua perangkat pemerintah Kecamatan, Kades/Lurah dan Sekdes/Lurah dapat lebih memahami pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 khususnya dengan pelaksanaan sensus penduduk secara online.

Pada kesempatan seluruh peserta yang hadir harus sudah selesai mengisi secara online. Kemudian setelah acara ini para Kades/Lurah mengumpulkan perangkat Desa dan Kelurahan, baik Kadus,  Ketua RW maupun RT untuk mensosialisasikan Sensus Penduduk Online sekaligus mengisinya secara bersama-sama.

Baca Juga :   KETUA FKUB SUMSEL Mengapresiasi Kunjungan Silaturahmi Kapolda Dirumahnya

Dilanjutkan Budiriyanto, kegiatan Sensus Penduduk 2020  bertujuan untuk memperoleh data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia.

Kegiatan pengumpulan data  SP2020 dilakukan dengan metode kombinasi, yaitu memanfaatkan data adminduk dari Ditjen Dukcapil sebagai data dasar untuk kegiatan pencacahan penduduk secara lengkap, pungkasnya (yudi).