Keluarga Miskin Terdampak Covid-19 Desa Tanjung Terang Dapat BLT Rp600 Ribu/Bulan

oleh -1.070 views
Lansia yang mendapat BLT Dana Desa tahun 2020

MUARA ENIM, Samudra.News-Pemerintah Desa Tanjung Terang Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim memberikan bantuan kepada keluarga miskin karena dampak wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa tersebut diberikan langsung oleh Kepala Desa Tanjung Terang Aan Rediakmal didampingi Babinsa Serda Fahrizal, Babinkamtibmas, Kepala Dusun dan perangkat Desa, Pendamping Lokal Desa, Linmas, BPD Desa Tanjung Terang serta instansi terkait lainnya, Kamis (7/5/2020).

Kepala Desa Tanjung Terang Aan Rediakmal menjelaskan, BLT Dana Desa yang kita berikan kepada warga yang kurang mampu ini sebanyak 120 kepala keluarga (KK) sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga (3) bulan, ujarnya.

Kades Aan Rediakmal serahkan BLT DD ke warganya

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pusat yakni dibawah naungan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2020.

Dilanjutkan Kepala Desa Tanjung Terang Aan Rediakmal mengatakan, secara aturan bantuan tersebut dalam bentuk uang dengan mekanisme uang tunai yang besarannya Rp600 ribu per bulan untuk setiap KK dalam 3 bulan periode April sampai Juni.

Untuk sasaran penerimanya diluar penerima program keluarga harapan (PKH), kartu sembako, dan kartu prakerja. Sebelunya para penerima BLT Dana Desa sudah didata, kemudian disepakati dalam Musyawarah Desa, disahkan oleh Camat/Bupati.

Perangkat desa berikan BLT DD ke warga terdampak Covid-19

Sesuai peraturan Menteri tersebut penanganan dampak pandemi Covid-19 dapat berupa BLT-Dana Desa kepada keluarga miskin di Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keluarga miskin yang menerima BLT-Dana Desa merupakan keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Terima Audiensi Managemen Pertamina (Persero)

Kades Tanjung Terang Aan Rediakmal mengharapkan dengan adanya penyerahan bantuan dari pemerintah yang bersumber dari Dana Desa ini, para penerima manfaat dapat terbantu dan dapat memanfaatkanya dengan baik.

Kades bersama,Babinsa, penerima BLT dan perangkat desa

Salah seorang penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Febri mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tanjung Terang yang telah memberikan bantuan kepada saya,

Saat ini saya hanya tinggal sendiri, orang tua saya tidak ada lagi, pekerjaan juga sangat sulit dicari. Saya berharap Virus Corona (Covid-19) ini segera berakhir dan dapat beraktivitas secara normal kembali.

Selanjutnya Warga Tanjung Terang yang (tidak ingin sebut namanya), Saya berharap, pemerintah khususnya Pemerintah Desa Tanjung Terang dapat lebih transparan kepada masyarakat tentang pemberian bantuan ini, tidak ada nepotisme dan sesuai prosedur standar agar pemberian bantuan benar-benar tapat sasaran, pungkasnya (herdi).