KEINDAHAN DANAU RANAU DAN KULINERNYA, MENGUNDANG BANYAK PENGUNJUNG

oleh -61 views

MUARADUA OKUS-Dihari ketiga lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, ribuan lebih pengunjung mendatangi objek wisata yang sangat terkenal diwilayah Banding Agung sampai dengan Kotabatu yakni Danau Ranau, maklum Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera. Sehingga mengakibatkan kemacetan disana sini, sebagaimana tampak terpantau di hari Minggu (17/06).

Ramainya pengunjung mulai dari Dermaga Banding Agung hingga menuju Villa Pusri yang berada di pinggiran Danau Ranau, bahkan sampai di Dermaga Kotabatu Warkuk Ranau Selatan. Petugas kepolisian OKU Selatan dan Dinas Perhubungan Pemkab OKU Selatan yang bertugas harus bekerja keras mengurai kemacetan sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung yang berdatangan ke daerah wisata andalan OKU Selatan tersebut.

Salah seorang pengunjung Anita Dewi yang mengaku dari Kelurahan Kemalaraja Baturaja Kabupaten OKU, sengaja mengunjungi objek wisata Danau Ranau dihari ke-tiga Idul Fitri sekalian pulang ke kampung halamannya di Sukajaya Warkuk Ranau Selatan yang berbatas langsung dengan Lampung Barat. Karena hari ini merupakan hari yang pas untuk menghilangkan rasa capek setelah bersilaturahim kepada keluarga besarnya dibeberapa desa yang ada di Warkuk Ranau, ujarnya.

Untuk mengatasi kemacetan itu, Kepala Dinas Perhubungan Amrolian Thoni  mengatakan, petugas dishub bersama aparat kepolisan telah stanby di lokasi dijauh hari. Petugas sudah berjaga sejak H-7 hingga H+7 yang bersinergi dengan Polsek Lengkusa dan Banding Agung, untuk mengurai kemacetan. Ditambahkannya, petugas dari Dinas Perhubungan sudah disebar di beberapa titik guna mengatasi macet tahunan, tidak terkecuali di objek wisata Danau Ranau yang biasa terjadi dihari-hari besar nasional, ujarnya.

Ditempat yang sama, Fahrizal salah seorang pengunjung yang berasal dari kota Muara Enim menjelaskan, hari ini pengunjung objek wisata memang sangat ramai dari hari biasanya, bisa disebabkan karena cuti bersama dan libur panjang anak sekolah yang ditetapkan pemerintah sehingga masyarakat memanfaatkannya disaat lebaran Idul Fitri ini dan lagi ia menjelaskan, kami dapat informasi dari tetangga di Muara Enim, katanya objek wisata Danau Ranau sudah berubah dan banyak destinasi tambahan disekitarnya. Tutupnya (yudi)

Baca Juga :   Dies Natalis Ke-20, Walau Banyak Keterbatasan “Unbara Tetap Membara”