KECAMATAN MUARADUA JUARA LOMBA CIPTA MENU B2SA TAHUN 2018

oleh -20 views

MUARADUA OKUS-Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten OKU Selatan tahun 2018 kembali diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan OKU Selatan, Senin (30/04), bertempat di Gedung Kesenian Muaradua. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Sholehien Abuasir dan peserta terdiri dari seluruh Anggota TP PKK di 19 Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan. Dengan mengusung tema “Kita Budayakan Mengkonsumsi Pangan Alternatif Hasil Bumi Sendiri”.

Dengan lomba cipta menu ini, akan mengembangkan inovasi ibu-ibu untuk membuat bahan makanan yang asalnya bukan hanya dari beras saja, melainkan dari ubi-ubian, jagung dan sebagainya. Melalui lomba ini juga bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), mendorong dan meningkatkan kreasitivitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Serta lomba cipta menu ini sangat membantu kaum ibu dalam meningkatkan daya kretivitas, membuat ragam menu bergizi dan seimbang untuk disajikan pada hidangan keluarga sehari-hari. Dari pantauan media lomba tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DPRD OKU Selatan Yohana Yudayanti, Ketua TP PKK OKU Selatan Isyana Popo Ali, Para FKPD, Asisten II, Para Kepala OPD, Para Camat dan seluruh peserta lomba.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Selatan Sutina, menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya lomba ini guna memberi pemahaman kepada masyarakat agar jangan ketergantungan dengan beras dan terigu untuk memenuhi konsumsi rumah tangganya, meningkatkan kemampuan dan kreatifitas masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga untuk menciptakan menu makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman yang berbasis sumberdaya lokal, dan menggali potensi sumber daya pangan lokal untuk meningkatkan pendapatan dan nilai tambah masyarakat.

Baca Juga :   Pemkab OKU Juara Umum Penerapan Transaksi Non Tunai Dari Bank SumselBabel

Ditempat yang sama Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir menyampaikan harapannya melalui lomba cipta menu pangan olahan yang berbasis sumberdaya lokal ini, akan dapat merubah pola pikir masyarakat kearah pola konsumsi pangan Beragam Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang bersumber dari bumi sendiri yang ada Kabupaten OKU Selatan.

Juara Pertama Lomba Cipta Menu, Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) disabet Kecamatan Muaradua dan berhak mewakili Kabupaten OKU Selatan untuk mengikuti Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, juara dua dari kecamatan Buay Rawan, juara tiga kecamatan Simpang, harapan I Kecamatan Runjung Agung, harapan II kecamatan Buana Pemaca, dan harapan III kecamatan BPRRT. Untuk kategori rasa dimenangkan kecamatan Buay Pemaca, kategori penampilan dimenangkan kecamatan Warkuk Ranau Selatan dan untuk kategori favorit dimenangkan oleh kecamatan Tiga Dihaji. (yudi kasman)