KASAD Andika Perkasa Saksikan Gelar Latihan Tempur di Baturaja OKU

oleh -332 Dilihat
Kasad Andika Perkasa dan Dankodiklat TNI AD

BATURAJA,Samudra,News-Ribuan prajurit TNI AD menggelar puncak kegiatan Latihan Antar-Kecabangan dengan sandi Kartika Yudha 2020. Bertempat di Pusat Latihan Tempur Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat Baturaja, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (26/11/2020).

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, MSc, M Phil, PhD menyaksikan langsung Lat Ancab Kartika Yudha 2020, didampingi Dan Kodiklat TNI AD selaku Komandan Latihan Letjen TNI AM Putranto dan Asisten Latihan KASAD Mayjen TNI Harianto.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigadir Jenderal TNI Nefra Firdaus mengatakan, Lat Ancab Kartika Yudha 2020 dihelat di dua tempat berbeda, sejak 11 November hingga 26 November 2020.

Pertama latihan Posko I di Mako Brigif R-9, Jember, Jawa Timur. Kedua, latihan simulasi tempur komputer dan latihan taktis, di Pusat Latihan Tempur Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan.

Berbagai serangan udara yang ditampilkan

Dikatakan Nefra, Lat Ancab meliputi kegiatan latihan Posko 1 materi serangan, materi posko menggunakan alat pendukung simulasi tempur dengan materi pertahanan, dan latihan taktis pasukan.

Nefra menyampaikan, Lat Ancab menunjukkan dinamika Brigade Tim Pertempuran dalam operasi serangan. Berbagai manuver dilakukan seperti penembakan Tank Leopard, penembakan senjata mesin berat (SMB), manuver kendaraan tempur, kerjasama Infanteri Tank, tembakan Heli Apache dengan Hellfire dan Hydra.

Kemudian, satuan Armed melaksanakan penembakan jarak jauh termasuk penggunaan amunisi SS-40 Astros. Satuan lain seperti peralatan membantu bekal ulang amunisi, mendorong amunisi kaliber besar, kesehatan melaksanakan evakuasi,

Tembakan Tank Leopard ke pihak musuh

Kemudian perhubungan melaksanakan pembuatan repeater, Polisi Militer melaksanakan penjemputan tawanan perang, Satuan Ajen melaksanakan pengiriman tenaga pengganti dan penjemputan jenazah.

Untuk heli tempur melaksanakan muatan tunggal heli, seperti slingload Mer-76, muatan munisi kaliber besar dan kaliber kecil, melaksanakan evakuasi udara, serta melaksanakan pengejaran dengan mobilisasi udara, katanya.

Baca Juga :   Bupati dan DPRD Sepakati KUPA dan PPAS Perubahan APBD OKU Tahun 2019

KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa usai menyaksikan Langsung Latancab di Baturaja mengatakan, latihan ini bertujuan membina dan meningkatkan interoperabilitas satuan kecabangan TNI AD dengan materi pertahanan dan serangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD menjaga kedaulatan Wilayah NKRI.

KASAD saat konprensi pers usai gelar pasukan

Latihan Antar Kecabangan yang dilakukan tiap tahun diharapkan dapat memelihara kesiapan operasi dan meningkatkan profesionalisme Prajurit TNI ADtegasnya.

Lanjutnya Kasad juga menjelaskan bahwa, sebanyak 4.995 prajurit mengikuti latihan antar kecabangan ini. Yang terdiri dari 3.123 prajurit dari Brigade Infantri R-9/2 Kostrad dan 1.872 pelatih dan pendukung.

Dan Intinya kami merasa puas dengan latihan ini, dan selanjutnya hasil latihan akan menjadi bahan evaluasi ke depan. Untuk diketahui, latihan puncak dalam rangka Latancab TNI AD Kartika Yudha TA 2020 memamerkan dinamika Brigade Tim Pertempuran dalam Operasi Serangan.

Berbagai manuver yang dilaksanakan seperti penembakan Tank Leopard, penembakan SMB, manuver ranpur, kerja sama Infanteri Tank, tembakan Helikopter AH-64 Apache dengan roket Hellfire dan Hydra, pungkasnya (yudi).