Kapolda Sumsel: Usai Selamatkan Warga, Anggota TNI Diseruduk Gajah Hingga Tewas

oleh -187 Dilihat
Kapolda, Pangdam dan Gubernur Sumsel

PALEMBANG-Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, MM bersama Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru beserta Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, SIP, MHum meninjau pasca gugurnya Sertu Iskandar akibat amukan gajah liar yang terjadi di Desa Banyu Biru Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten OKI, Kamis (5/3/2020).

Hal ini menjadi perhatian serius Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, MM dan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan. Untuk memastikan penyebab hewan dilindungi itu keluar dari habitatnya.

Gubernur jelaskan kenapa gajah keluar habitatnya

Menurut Deru, kejadian itu terjadi ketika korban mendapatkan informasi jika ada seorang warga yang hendak menuju kebun diserang gajah liar. Mendapatkan informasi itu, korban Iskandar yang merupakan anggota TNI di desa tersebut langsung bergegas melakukan penyelamatan terhadap warga yang diketahui bernama Khoirul tersebut.

Setelah menyelamatkan warga tersebut tanpa disadari gajah tersebut sudah berada di belakang korban dan menyeruduknya. Tidak hanya itu, gajah yang mengamuk tersebut juga menginjak-injak korban hingga tewas.

Dalam kejadian ini saya pastikan tidak ada kesalahan warga. Dari laporan yang saya terima, hal ini terjadi ada indikasi karena gajah itu kalah bertarung sementara gajah ini sedang birahi sehingga gajah itu keluar dari habitatnya dan masuk ke pemukiman warga hingga mengamuk, kata Gubernur.

Akibat kalah bertarung itulah, lanjutnya, gajah tersebut keluar dari habitatnya yang berada di kawasan Padang Sujian. Kawasan ini memang dekat dengan marga satwa  Padang Sujian. Dari laporan yang saya terima, di habitat tersebut ada sekitar 100 ekor gajah, tuturnya.

Dikatakan Deru, selain untuk melihat langsung lokasi dan memastikan kronologi kejadian, kedatangannya tersebut juga untuk meyakinkan warga jika Pemerintah Provinsi Sumsel tidak akan tinggal diam dengan musibah yang dialami warganya.

Baca Juga :   Plh. Bupati dan Sekda OKU Hadiri Muscab Sekaligus Lepas Kontingen OKU ke Jambore Sumsel

Ini cara kita memberikan perhatian dan semangat. Setiap ada persoalan atau konflik semacam ini, pemerintah tidak akan tinggal diam dan akan terus membantu warga. Saya minta warga tetap waspada namun jangan shock dengan kejadian ini dan produktifitas tetap dijaga, tegasnya.

Foto bersama dgn Gubernur, Kapolda & Pangdam

Gubernur berpesan, agar warga tetap menjaga satwa yang dilindungi tersebut. Meskipun ada kejadian ini, namun saya pesan agar tetap jaga satwa ini dan jangan ada konflik, terangnya.

Dalam tinjauannya tersebut, Herman Deru juga mengajak warga untuk mendo’akan Sertu Iskandar yang gugur dalam tugasnya akibat serangan gajah tersebut. Bahkan, Herman Deru juga memastikan jika Sertu Iskandar diberikan penghargaan dengan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Serka.

Almarhum gugur dalam tugasnya dan kita berikan penghargaan. Sedangkan untuk satu korban lagi yang sebelumnya mengalami patah tulang iga dan pinggang yang saat ini berada di rumah sakit di Palembang.

Gubernur pastikan seluruh biaya perawatannya akan ditanggung Pemrov Sumsel hingga sembuh, pungkasnya (ril/yd).