Kapolda Sumsel Pimpin Sertijab Dansat Brimob Polda Sumsel

oleh -50 views
Kapolda periksa barisan upacara

PALEMBANG-Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, MM memimpin langsung serah terima jabatan (Sertijab) Dansat Brimob Polda Sumsel dari Kombes Pol Yuri Karsono, SIK kepada Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto, SIK.

Penyegaran dalam tubuh Polri terutama ditubuh Brimob Polda Sumsel dihadiri 300 orang. Bertempat dilapangan Apel Sat Brimob Polda Sumsel Jalan Srijaya Negara Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, Selasa (14/1/2020).

Dari pantauan media, kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Sumsel yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan, Dr. H. Ahmad Najib, SH, MHum, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan, SIP, M Hum, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, MH.

Kemudian para PJU Polda Sumsel, Walikota Palembang H. Harnojoyo, SSos, Kapoltabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji, SIK, Dandim 0418/Palembang Kolonel Arm Widodo Noercahyo dan undangan lainnya.

KOmandan upacara sertijab Dansat Brimob

Kapolda Sumsel dalam amanatnya mengatakan, tanggung jawab atas suatu jabatan adalah amanah sekaligus kepercayaan, dimana di dalamnya mengandung konsekuensi yang tidak ringan. Dengan jabatan yang kita emban, hendaknya senantiasa kita syukuri sebagai wujud kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan.

Berdasarkan penilaian, serta evaluasi kinerja dan Assesment secara sistematik dan Komprehensif, serta pertimbangan aspek profesionalitas, komitmen dan integritas, oleh sebab itu, saya berharap kepercayaan yang telah diberikan tersebut dapat diemban dengan dedikasi, loyalitas, keikhlasan, serta komitmen pengabdian yang tinggi, dalam melaksanakan tugas pokok Polri, tegas Kapolda.

Ditambahkan Kapolda, kita ketahui bersama bahwa satuan Brimob Polda Sumsel merupakan bagian integral Polri yang tidak dapat dipisahkan dan sebagai salah satu unsur pelaksana yang memiliki tugas pokok membina kemampuan dan mengerahkan kekuatan Brimob Polri dalam menanggulangi gangguan keamanan yang berintensitas tinggi.

Baca Juga :   Pemkab OKUS Terima Penyerahan DIPA, Dana Desa Tahun 2019 & Daftar Alokasi Transfer Daerah
Kapolda Sumsel sematkan tanda jabatan

Utamanya kerusuhan massa, kejahatan yang terorganisir dan kejahatan yang menggunakan senjata api atau bom serta bersama-sama dengan unsur operasional Kepolisian lainnya mewujudkan tertib hukum dan ketentraman masyarakat di seluruh wilayah Sumatera Selatan, papar Priyo.

Arahan dalam penyampaian Kapolda memaparkan “Rumusan tugas pokok, fungsi dan peranan tersebut merupakan manifestasi atas harapan masyarakat terhadap kemampuan Brimob Polri untuk dapat menanggulangi kejahatan yang berintensitas tinggi guna terjaminnya keamanan dalam negeri, selain itu masyarakat juga sangat mendambakan sosok Polri khususnya Brigade Mobile Polri yang lebih profesional, taat hukum, adil, bijaksana dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam menjalankan tugasnya sehingga terwujudnya kehidupan masyarakat yang aman, tentram dan damai”, ungkapnya.

Pada kesempatan ini Kapolda sampaikan bahwa selama kepemimpinan Kombes Pol. Yuri Karsono, SIK, Brimob Polda Sumsel telah berhasil melaksanakan tugas pengamanan antara lain :

Salam komando usai sertijab Dansat Brimob
  1. Pengamanan Polsek Rawan di papua gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).
  2. Pengamanan Polda Sulteng dalam rangka Ops Aman Nusa penanganan korban banjir.
  3.  Pengamanan Polda Metro Jaya Operasi Mantab Brata 2019 dalam rangka mengamankan rangkaian Pemilu 2019 dan aksi kerusahan masa.
  4. Pengamanan Ops Aman Nusa pada pengamanan konflik sosial di Papua dan Papua Barat.

Alhamdulillah semuanya dapat berjalan dengan aman dan sukses, penugasan yang telah dilaksanakan ini merupakan prestasi tersendiri yang sangat membanggakan bagi Polda Sumsel khususnya dan Polri pada umumnya.

Dalam menghadapi tantangan Kamtibmas kedepan diwilayah Sumsel, akan melaksanakan pengamanan Pilkada serentak di 7 Kabupaten, personel Brimob Polda Sumsel akan dilibatkan dalam pengamanan tersebut, untuk itu diperlukan komitmen dan keseriusan dalam pengamanan agenda tersebut.

Oleh karena itu perlu peningkatkan profesionalitas kerja yang tinggi dan selalu meningkatkan kemampuan baik tehnis maupun taktis, baik perorangan ataupun kelompok, peralatan pendukung dan sarana prasarana penunjang tugas, sehingga pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga :   Bupati Kuryana Azis Hadiri Pelaksanaan Sholat Istisqo Di Mapolres OKU
Kapolda foto bersama undangan dan sat brimob

Sebelum mengakhiri sambutan ini saya selaku pimpinan Polda Sumsel, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada Kombes Pol Yuri Karsono, SIK atas pengabdian dan kontribusi yang telah di berikan dalam memimpin Satuan Brimob Polda Sumsel.

Disamping itu saya mengucapkan atas diterimanya saudara pada Pendidikan Sespimti TA. 2020 semoga diberikan kemudahan dalam menempuh pendidikan tersebut, begitupun kepada pejabat yang baru Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto, SIK saya ucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Dansatbrimob Polda Sumsel semoga amanah.

Ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dan segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat tugas yang baru, teruskan pengabdian  yang terbaik  untuk Polda Sumsel.
Kegiatan selesai dilanjutkan dengan kegiatan demonstrasi, ramah tama dan acara hiburan dengan MC Cek Daus  dan Cek Waya-Waya, (ril).