Kang Jito Jadi Penonton Setia Pertunjukan Seni Budaya Kuda Lumping

oleh -260 Dilihat
Ketua DPRD OKU Marjito Bachri bersama Mas Rebo

BATURAJA,Samudra.News-Kesenian tradisional asal Jawa, Kuda Lumping yang dibawakan seniman-seniman Paguyuban Langen Trisno Budoyo ikut memeriahkan Bazaar Sukses dalam rangka HUT OKU ke-112 dan HUT RI ke-77. Bertempat di Halaman GOR Baturaja OKU, Minggu (9/10/2022).

Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito didampingi Pengurus Kuda Kepang Mas Rebo menyampaikan, pembinaan seni budaya terus dilakukan melalui aktivitas pada senimannya, termasuk kuda lumping banyak disukai warga di Bumi Sebimbing Sekundang di mana kehadiran dan kiprahnya semakin memperkaya budaya kita, ujarnya.

Paguyuban Kuda Lumping Langen Trisno Budoyo merupakan kumpulan seniman-seniman kuda lumping di Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU memukau masyarakat yang hadir melalui aktraksi-atraksinya yang khas pada acara pentas Bazaar HUT OKU dan  HUT RI ke-77.

Ketua DPRD Marjito yang asli orang Ogan karena ujung namanya “O” ikut juga meramaikan atau penghobby Kuda Lumping meminta pengurus paguyuban seni Kuda Lumping itu untuk terus menjaga serta merawat seni tradisional ini.

Marjito meminta agar terus melakukan pembinaan khususnya kepada anak-anak muda yang mempunyai jiwa seni Kuda Lumping. Silakan kembangkan dan ke depan akan menjadi bagian dari kekayaan seni budaya di Kabupaten OKU, harapnya.

Ir. H. Marjito Bachri yang biasa disapa dengan Kang Jito merasa bangga dengan seni budaya nusantara khususnya Kuda Lumping yang berasal dari Pulau Jawa. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan merawat dan melistarikan seni budaya Indonesia ini.

Kang Jito sejak kecil senang menonton pertunjukan Seni Kuda Lumping, Ia tidak hanya senang  melihat pertunjukan Kuda Lumping akan tetapi punya keinginan besar untuk melestarikan seni budaya asli yang memang dilahirkan oleh Budaya Nusantara khususnya Budaya Jawa, pungkasnya (yudi).

Baca Juga :   Rakor Bupati Bersama Gubernur Membahas Proyek Pembangunan Strategis di Kabupaten OKU