Kadin Pertanian Paparkan Program Kerja Tahun 2022 Didepan Plh. Bupati OKU

oleh -190 Dilihat

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Memimpin Paparan Program dan Kegiatan Organisasi Perangkat  Daerah (OPD) Tahun Anggaran 2022. Bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab OKU. Jum’at (8/4/2022).

Dari pantauan media acara tersebut selain Plh. Bupati OKU juga terlihat Sekda OKU Dr. H. Achmad Tarmizi, Asisten III Romson Fitri, SH, MH, Plt. Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kadin PUPR Ir. Chandra Dewana, ST, MM dan Kadin Pertanian Ir. Joni Saihu, SP, MSi.

Kadin Pertanian Ir. Joni Saihu, SP, MSi memaparkan program dan kegiatan Dinas Pertanian Tahun 2022. Program dan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pertanian untuk mewujudkan misi Kabupaten OKU, salah satunya adalah untuk memajukan ekonomi kreatif berbasis komoditas yang didukung kemajuan investasi.

Paparan program kerja Dinas Pertanian OKU

Program dan kegiatan Dinas Pertanian meliputi, program penunjang urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota, program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian, program pengendalian kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner, program pengendalian dan  penanggulangan Dinas pertanian, program perizinan usaha pertanian, dan program penyuluhan pertanian.

Program unggulan Dinas Pertanian yaitu Agrowisata yang terletak di Desa Raksa Jiwa Kecamatan Semidang Aji, Asuransi Usaha Tani, dan Kredit Usaha Rakyat.

Sedangkan di bidang inovasi, Dinas Pertanian mempunyai inovasi, layanan kesehatan hewan keliling yang bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan hewan/ternak.

Selain itu juga Dinas Pertanian mempunyai program inovasi, yaitu pompa hidram yang merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan hasil pertanian padi sawah terutama untuk teknologi lahan sawah tadah hujan.

Dalam kaitan paparan program dan kegiatan ini, Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyinggung masalah yang trend petani milenial.

Kalau kita lihat sekarang, pertanian kurang diminati, karena pertanian ini identik dan mindset generasi muda menganggap pertanian itu kotor, terbelakang dan rendah.

Baca Juga :   BANDAR NARKOBA OKI LAGI SEDANG APES

Ini harus ditingkatkan dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk mendorong semangat generasi muda, kita harus bergeser jangan lagi berfikir pola lama, pertanian itu hanya berdasarkan pengalaman dan naluri.

Plh. Bupati foto bersama dengan Kadin Pertanian dan jajarannya

Kita harus merubah gaya, tentu dilengkapi dengan teknologi dengan mencari solusi, agar niat generasi milenial di bidang pertanian semakin banyak dan kuat di Kabupaten OKU. Seperti dilakukan kerjasama dengan IPB, sehingga dapat diadopsi untuk Kabupaten OKU.

Menyinggung keberadaan agro wisata di Desa Raksa Jiwa, Kecamatan Semidang Aji, Teddy Meilwansyah menyarankan untuk ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya, dengan mengajak lintas OPD, yaitu PMD, Pariwisata dan OPD lain untuk saling mengisi program yang dikembangkan, untuk meningkatkan agro wisata ini, karena agro wisata sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat.

Pada kesempatan ini, Teddy Meilwansyah juga mengajak setiap OPD, untuk dapat menciptakan paling sedikit satu inovasi satu OPD (yudi).