JEPANG MENANGI HATI FANS SEPAK BOLA, WALAU TERSINGKIR DARI PIALA DUNIA 2018

oleh -32 views
Seporter wanita Jepang ikut memungut sampah

JAKARTA-Jepang berhasil mencuri hati fans sepak bola dunia meski tersingkir secara dramatis dari Piala Dunia 2018 setelah takluk 2-3 dari Belgia di Rostov Arena, Selasa (03/07/2018) dini hari WIB. Pujian mengalir untuk Jepang karena tindakan dan respons mereka setelah pertandingan. Pemain dan suporter Tim Samurai Biru sama-sama menunjukkan karakter dan respons positif dengan membersihkan tribune dan ruang ganti tim setelah pertandingan kontra Belgia berakhir.

Timnas Jepang lebih dulu unggul 2-0 melalui Genki Haraguchi dan Takashi Inui. Namun, keunggulan itu gagal dipertahankan. Belgia bangkit melesakkan tiga gol balasan melalui Jan Vertonghen, Marouane Fellaini, dan Nacer Chadli. Tiket perempat final masuk genggaman Timnas Belgia. Pemain dan suporter Jepang tampak sangat terpukul atas kekalahan itu. Apalagi, gol Chadli tercipta pada injury time.

Pelatih Jepang, Akira Nishino, mengatakan pemainnya sangat kecewa dengan kekalahan itu. Dia mengatakan para pemain hanya berdiri terpaku di ruang ganti setelah pertandingan. Saya bilang kepada mereka untuk mandi, kata Nishino. Meskipun patah hati karena kekalahan yang sangat menyesakkan, pemain Jepang masih menyempatkan diri untuk membersihkan ruang ganti. Alhasil, ruang ganti Timnas Jepang terlihat sangat bersih saat ditinggalkan para pemain.

Fans Jepang membersihkan sampah

Pemandangan yang menyentuh juga terlihat di tribune stadion Rostov Arena. Meskipun masih terpukul dengan kekalahan timnya, suporter Jepang tetap menjaga tradisi. Mereka tetap tinggal setelah laga untuk membersihkan sampah-sampah di stadion. Tradisi ini sudah dilakukan suporter Jepang pada laga-laga sebelumnya, bahkan sejak Piala Dunia empat tahun sebelumnya.

Sikap elegan suporter Jepang tersebut mendapat pujian dari fans sepak bola dunia. Bahkan, ada yang menilai gelar suporter terbaik pada Piala Dunia 2018 layak diberikan kepada mereka. Bukan hanya di negara sendiri, kebiasaan oran g Jepang yang disiplin itu bahkan dibawa saat pergi ke negara lain. Beberapa waktu lalu, aksi fans Timnas Jepang membersihkan sampah di stadion usai tim bertanding di ajang Piala Dunia 2018 Rusia jadi viral di media sosial.

Baca Juga :   SRIWIJAYA FC JUARA PIALA GUBERNUR KALTIM
Fans sepak bola Jepang memungut sampah

Aksi tersebut mendapat berbagai reaksi rasa hormat hingga kekaguman dari berbagai negara. Bahkan, banyak negara terinspirasi mengikuti aksi yang dilakukan fans Timnas Jepang.  Dalam laga pembuka Piala Dunia Jepang vs Kolombia, fans Jepang yang  rata-rata adalah warga dari negeri Sakura terlihat memunguti sampah sebelum meninggalkan pertandingan. Melihat aksi itu, fans Kolombia ikut mengumpulkan sampah di sekitar bangku mereka.

Tampaknya, membersihkan sampah stadion setelah pertandingan usai akan menjadi tradisi baru dalam Piala Dunia 2018 Rusia. Dalam ajang sepakbola lokal, Jepang sudah terbiasa melakukan aksi luar biasa ini. Orang Jepang punya standar kebersihan tinggi dan sudah menjadi budaya Jepang. Fans timnas kami datang dari Jepang ke Rusia dan dipuji banyak media di seluruh dunia, kami sangat bangga dengan hal itu, kata bek Timnas  Jepang, Maya Yoshida.

Ada pepatah Jepang yang  mengatakan, “kita harus meninggalkan tempat dalam keadaan lebih bersih dari sebelumnya ketika datang ke suatu tempat.” Semoga semua fans sepakbola dunia terinspirasi dengan aksi positif fans  Jepang terkhusus fans Liga Satu Indonesia. (int)