Jembatan Zaman Belanda Penghubung 2 Kabupaten OKU-OI di Lubuk Batang Lama Amblas

oleh -329 views
Jembatan Air Aman di Lubuk Batang Lama yang amblas

OKU,Samudra.News-Pangkal jembatan di Lubuk Batang Lama mendadak amblas tergerus air. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun amblasnya pangkal jembatan memutuskan akses warga di dua Kecamatan yakni Kecamatan Lubuk Batang dan Kecamatan Peninjauan.

Menurut keterangan Tokoh Masyarakat Lubuk Batang Lama yang juga mantan Anggota DPRD OKU H. Zam Zam kepada awak media mengatakan, amblasnya pangkal jembatan yang kerap disebut sebagai Jembatan Air Aman itu karena tergerus air dan juga faktor usia.

Jembatan Air Aman ini dibangun sewaktu Indonesia masih dijajah Bangsa Belanda, setahu saya jembatan ini sudah ada. Kemudian tiang penyangga jembatan tersebut sudah lama retak apalagi beberapa saat sebelumnya intensitas hujan memang sangat tinggi, selama beberapa jam.

Tokoh Masyarakat Lubuk Batang, H. Zam Zam

Setelah diguyur hujan deras, air yang berasal dari hulu mengalir lewat sisi jembatan. Sehingga dinding jembatan tergerus dan akhirnya amblas, namun secara teknis hanya pihak Dinas PU BM lah yang tau pasti, ujarnya.

Zam Zam menjelaskan, beberapa hari belakangan ini intensitas hujan memang sangat tinggi. Akibatnya, air yang melalui pangkal jembatan Air Aman lalu menggerus sisi jembatan.

Setelah mengetahui jembatan ini amblas, warga berinisiatif memasang Banner di sekitar jembatan. Yang menginformasikan kepada masyarakat jika akses jalan di Desa Lubuk Batang Lama di Kecamatan Lubuk Batang dan Kecamatan Peninjauan ditutup, hanya kendaran roda 2 yang bisa melewatinya.

Sementara salah seorang warga desa setempat, yang tidak mau disebutkan namanya, menduga jika amblasnya pangkal jembatan disebabkan karena usianya yang sudah lama dan tidak  memadai lagi. Kemudian beberapa tiang penyangganya sudah ada yang retak, itupun sudah lama terjadi.

Jembatan yang amblas tampak dari samping

Sehingga ketika hujan turun air akan masuk melalui celah-celah pangkal jembatan dan sisi jembatan sehingga menggerus dinding jembatan. Ia mengakui, kapan saja jembatan ini akan amblas, ia meceritakan tiap hari melewati Jembatan Air Aman tersebut.

Baca Juga :   Pemkab OKU 4 Kali Berturut-Turut Menerima Penghargaan Peduli HAM

Untuk melintasi bagian yang amblas itu warga terpaksa memasang papan kayu yang tebal yang ditata dan dibentangkan. Kendati hal tersebut sangat membahayakan keselamatan jika para pengendara roda dua yang melintasinya.

Sekitar pukul 11.30 WIB Kadin PUBM Provinsi Sumsel, Budi Dharma didampingi Kabid Jalan dan Jembatan PUPR Yamin meninjau langsung lokasi Jembatan Air Aman yang terletak di Desa Lubuk Batang Lama yang amblas tersebut.

Menurut Kadin PUBM Sumsel Budi Dharma, jembatan segera kita perbaiki agar masyarakat di kedua Kecamatan Lubuk Batang dan Kecamatan Peninjauan OKU dapat melintasi kembali jembatan ini. Insya Allah Dinas PUBM Sumsel akan membangun kembali jembatan baru sesuai dengan jembatan pada umumnya, dengan penambahan lebarnya ditahun 2021, pungkasnya (yudi).