Home / Nasional / Jangan Sampai Lupa, Ini Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi Rekrutmen CPNS 2019

Jangan Sampai Lupa, Ini Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi Rekrutmen CPNS 2019

JAKARTA-Proses rekrutmen seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 semakin dekat. Bagi Anda yang berminat mengikuti seleksi CPNS 2019, segera bersiap. Rencananya, pengumuman pendaftaran akan dilaksanakan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 atau minggu ke empat Oktober 2019.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga sudah merilis jadwal tahapan CPNS 2019, yang akan dimulai akhir Oktober 2019 hingga April 2020. Seleksi tahun ini akan terintegrasi secara nasional lewat portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Kepala Humas Biro BKN Mohammad Ridwan mengatakan, tahap awal dimulai dengan membuat akun di portal SSCASN memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK kepala keluarga.

Silakan calon pelamar memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran, kata Ridwan kepada media, Kamis (17/10/2019) malam.

Alur pendaftaran CPNS 2019 (BKN) Lantas, bagaimana alur pendaftaran dalam portal SSCASN? Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id. Portal ini baru bisa diakses setelah pengumuman pembukaan pendaftaran CPNS 2019.

Buat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Setelah itu, unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun Lengkapi biodata dengan benar Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan Lengkapi data.

Kemudian unggah dokumen Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019 Setelah itu, data pendaftar akan diverifikasi. Jika dinyatakan lolos, otomatis pendaftar mendapatkan jadwal tes seleksi.

Ridwan mengatakan, pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN. Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses, ujarnya.

Baca Juga :   DINSOS OKU SATU SATUNYA PENERIMA PADMAMITRA AWARD SE-SUMSEL

Ridwan menyebutkan, BKN memastikan portal SSCASN dan sistem seleksi yang berbasis Komputer atau Computer Assisted Test (CAT) sudah siap. Pada tahun ini akan dibuka sebanyak 197.111 formasi yang terbagi menjadi 37.854 formasi instansi pusat dan 159.257 formasi instansi daerah.

Total kursi ini terbagi menjadi 541 instansi, dengan rincian 74 instansi pusat (Kementerian/Lembaga) dan 467 Pemda. Ridwan menambahkan, akan ada dua jenis formasi yang dibuka, yaitu formasi umum dan formasi khusus (cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat).

Berikut tahapan jadwal seleksi rekrutmen CPNS 2019:

  • Oktober 2019: Penetapan formasi dan pengumuman pendaftaran,
  • November 2019: Pengumuman pendaftaran dan pembukaan pendaftaran,
  • Desember 2019: Pengumuman hasil seleksi administrasi,
  • Januari 2020: Masa sanggah dan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD),
  • Februari 2020: Pelaksanaan SKD Maret 2020: Pengumuman hasil SKD dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),
  • April 2020: Integrasi nilai SKD dan SKB.

Sebelumnya, BKN menyebutkan 4 besar formasi pada CPNS 2019. Berikut daftarnya:

  • Guru: 63.000-an formasi
  • Tenaga kesehatan (bidan, dokter, dokter gigi, perawat, dan sebagainya) sebanyak 31.000-an Tenaga teknis fungsional 23.000-an
  • Tenaga teknis lainnya 28.000-an.

Selamat mengikuti pendaftaran CPNS 2019 semoga berhasil (int)

Tentang redaktur pelaksana

Baca juga

Wabup OKU Johan Anuar Hadiri Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Tentang RAPBD

BATURAJA OKU-Wabup OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM menghadiri Rapat Paripurna DPRD OKU dengan agenda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *