Irwansyah 33 Tahun Merantau, Pulang Kampung, Kini Jadi Kades Tualang Lengkiti

oleh -1.550 views
Bupati saat melantik Kades se Kecamatan Lengkiti

BATURAJA, Samudra.News-Alumni SMA Negeri I OKU angkatan 1987 Irwansyah resmi dilantik oleh Bupati OKU sebagai Kepala Desa Tualang, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Bertempat di Pendopo Rumah Kabupaten OKU, Rabu (22/4/2020).

Mengawali karirnya didunia pemerintahan desa, pria yang kerab disapa dengan Irwan ini berkomitmen untuk membangun Desa tempat kelahirannya bersama masyarakat. Maklum selama 33 tahun ia merantau ke Pulau Jawa (Jakarta).

Dia mengaku, terpilihnya sebagai kepala desa tersebut merupakan amanah besar yang diemban berkat doa dan dukungan dari semua elemen masyarakat di Desanya, akan menjadi modal utamanya dalam membangun desa.

Saya berkomitmen untuk membangun desa bersama-sama. Tanpa kebersamaan, pembangunan desa yang kita cita-citakan selama ini akan sulit tercapai. Untuk itu, semangat gotong royong harus kita bangun sejak dilantik sebagai Kepala Desa, ungkapnya.

Irwansyah, Kades Desa Tualang, Kec. Lengkiti OKU

Menurut dia, soliditas masyarakat merupakan kunci utama dalam membangun Desa Tualang. Apakah itu menyangkut keterbatasan infrastruktur pendukung, sarana kesehatan, pendidikan, kegiatan keagamaan, pemberdayaan masyarakat maupun berbagai persoalan krusial lain, saya rasa kalau sudah bersatu pasti bisa diselesaikan, jelasnya.

Tentunya, hal itu kata dia dengan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki desa. Kita sebenarnya punya potensi yang luar biasa. Tinggal bagaimana memberdayakan masyarakat, mengelola anggaran, serta anggaran itu harus tepat sasaran.

Apabila hal itu sudah terpenuhi, maka pembangunan di desa pasti akan lebih cepat. Misalnya sekarang ini ada program Bedah Rumah, pembangunan Wisata, sarana Olahraga, pemanfaatan di bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan termasuk pencegahan Virus Corona (Covid-19), jelasnya.

Foto bersama Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis

Bukan cuma itu, berbagai rancangan pembangunan untuk Desa Tualang juga akan segera dibentuk. Baik prioritas pembangunan jangka pendek ataupun dalam jangka panjangnya. Disinggung tentang program kerja kedepan kita menganut sistem keterbukaan, demokratis dan bertanggung jawab, ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Launching Bus Damri Trayek Baturaja-Bandara SMB II Palembang

Saya berharap masyarakat bisa bersatu padu, bergotong royong serta menjaga keharmonisan agar program-program yang kita susun bersama terealisasi dan sesuai harapan, misalnya Motor Gunung.

Irwansyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan amanah, kepercayaan dan tanggungjawab kepadanya untuk memimpin Desa Tualang periode 2020-2026 mendatang, katanya.

Irwansyah & Ridwan sahabat satu Alumni SMA I OKU

Setelah dilantik hari ini, Irwan mengatakan akan langsung menyusun progam kerja  kedepannya, mewujudkan pembangunan infrastruktur, peningkatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

Teman sealumni waktu di SMA Negeri I Baturaja, Ridwan mengungkapkan. Menurutnya, Irwansyah merupakan sosok pemimpin harapan masyarakat Desa Tualang Kecamatan Lengkiti.

Kemenangan waktu Pilkades 5 Maret 2020, merupakan kemenangan masyarakat Desa Tualang pada umumnya, kita berharap kedepanya, Irwan bisa memanageman pemerintahan Desa Tualang ini dengan baik dan amanah. Tentunya bisa membawa masyarakat untuk lebih sejahtera, pungkasnya (yudi).