Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM Asal Palembang Jabat Kapolda Sumsel

oleh -180 views
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, MSi

JAKARTA, Samudra.News-Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, MSi melantik sembilan Kapolda dan Gubernur Akpol hari ini, di Rupatama Mabes Polri. Di antara jajaran yang dilantik, adalah Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, MM yang kini menjabat Sahlisusbud Kapolri, Jumat (8/5/2020).

Perombakan besar-besaran dilakukan oleh Kepolisian RI (Polri). Sedikitnya sembilan jabatan di lingkup Pati Polri mengalami pergeseran. Pergeseran jabatan Pati Polri ini sesuai dengan Surat Telegram Kapolri No: ST/1377/V/KEP./2020 dan surat telegram No: ST/1378/V/KEP./2020, yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, tertanggal 1 Mei 2020.

Dalam kesempatan yang sama, pucuk pimpinan Polri tersebut juga melantik beberapa pejabat utama Mabes Polri ‎seperti Kabaintelkam Polri dan AS SDM Kapolri.

Kapolda Sumsel yang lama dan yang baru

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal membenarkan adanya jadwal pelantikan tersebut. Dia merupakan satu dari 9 kapolda yang bakal dilantik. “Teman-teman di Divisi Humas Polri dan Bidang hunas Polda se-Indonesia. Hari ini Jumat 8 Mei 2029 saya akan melaksanakan sertijab selaku Kadiv Humas Polri dan akan melanjutkan pengabdian sebagai Kapolda NTB,” ucap Iqbal dalam pesan singkatnya.

Pelantikan ini dilaksanakan secara terbatas mengingat waktu pelaksanaan pelantikan masih dalam masa darurat pendemi virus corona. Rangkaian acara pelantikan hanya dihadiri oleh Pejabat Utama Mabes Polri serta undangan dari Kompolnas dan Bhayangkari sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi.

Surat telegram tersebut ‎memuat mutasi perwira tinggi di tubuh Polri.

Berikut sembilan Kapolda dan Pejabat Utama Mabes Polri yang dilantik hari ini :

  1. ‎Kapolda Jawa Tengah Brigjen Ahmad Luthfi, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Abriyoso Seno Aji.
  2. ‎Kapolda Jawa Timur Irjen Mohammad Fadil Imran.
  3. ‎Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM.
  4. Kapolda Banten Irjen Fiandar.
  5. ‎Kapolda Bengkulu Brigjen Teguh Sarwono.
  6. ‎Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Dedi Prasetyo.
  7. Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman.
  8. Kapolda Kalimantan Selatan ‎Irjen Nico Afinta.
  9. Kapolda NTB Irjen Muhammad Iqbal.
  10. ‎Kabaintelkan Polri Irjen Rycko Amelza.
  11. AS SDM Kapolri Brigjen Sutrisno Yudi.
  12. ‎Gubernur Akpol Lemdiklat Polri Brigjen Asep Syahrudin.
  13. Kadiv Humas Mabes Polri ‎Brigjen Argo Yuwono.
Baca Juga :   108 TAHUN OKU, MENUNJUKAN SITUASI SOSIAL DAN PEREKONOMIAN YANG POSITIF
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri, S, MM

Sosok Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri, S, MM bukan orang baru lagi di Polda Sumsel, beliau asli “Wong Talang Betutu Palembang” sehingga beliau sangat memahami dan akan cepat beradaptasi untuk menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Sumsel.

Sosok yang dikenal sangat baik, tegas dan berwibawa ini adalah harapan baru bagi Polda Sumsel untuk menunjukan kiprahnya dalam menjalankan tugas dan menuangkan segala pola pikir serta ide-ide kreatifnya agar Polda Sumsel semakin eksis dalam kinerjanya mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat.

Diharapkan dengan bergantinya kepemimpinan Kapolda Sumsel yang baru ini dapat membawa angin segar bagi Polda Sumsel untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan Kapolda yang sebelumnya.

Semoga kedepannya dalam menciptakan situasi dan kondisi Kambtibmas yang lebih kondusif apalagi saat ini kita sedang mengalami pandemi Covid-19 yang cukup memprihatinkan.

Polda Sumsel dapat berperan aktif untuk ikut terjun langsung membantu memberikan rasa aman dan nyaman serta kehadiran aparat kepolisian di tengah-tengah masyarakat pun bener-benar dinanti oleh seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan (ril/yudi).