HUT Ke-58 HKN, Desa Batu Winangun OKU Raih Juara I Lomba PKK KB-KES Provinsi Sumsel

oleh -153 Dilihat

PALEMBANG, Samudra.News-Peringatan HUT Ke-58 Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Bertempat di Lapangan Patra Jaya Palembang,  Senin (28/11/2022).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan HUT ke-58 HKN diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus menggelorakan arti pentingnya kesehatan dan introspeksi dalam membenahi sistem pelayanan kesehatan.

Upaya promotif dan preventif menjadi hal yang penting dilakukan dalam dunia kesehatan di mana upaya menjaga kesehatan harus di mulai dari hulu hingga ke hilir secara merata. Dikatakan Herman Deru tenaga kesehatan tidak hanya terfokus pada pengobatan saja, namun upaya pencegahan juga harus masif dilakukan.

PJ Bupati OKU dan PJ Ketua TP PKK Kabupaten OKU

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Trisnawarman menyebutkan pihaknya selalu mengutamakan upaya promotif, preventif disamping kuratif dan rehabilitatif. Pihaknya juga berharap agar masyarakat lebih peduli dengan kesehatan yang di mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat dengan mengecek kesehatan secara rutin, olahraga teratur dan makan untuk gizi yang seimbang.

Dalam peringatan HUT ke-58 HKN desa Batu Winangun Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU berhasil meraih juara I dalam lomba PKK KB-KES tingkat Provinsi Sumsel.

Hadiah berupa trophy, piagam dan uang pembinaan diserahkan oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Trisnawarman kepada Kepala Desa Batu Winangun diwakili Sekdes Batu Winangun Desi Fitriyani.

Sementara itu, Penjabat Bupatii OKU H. Teddy Meilwansyah mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Desa Batu Winangun atas diraihnya penghargaan lomba kesatuan gerak PKK KB-KES tingkat provinsi Sumsel. Penghargaan ini tidak terlepas partisipasi aktif dan kerja keras dari semua pihak, OPD terkait seperti dinas Kesehatan, PMD, TP PKK Kecamatan, dan desa Batu Winangun.

Dengan diraihnya penghargaan ini dapat penambah semangat untuk kerja lebih keras lagi desa Batu Winangun melaju ke tingkat nasional.

Baca Juga :   Bupati OKU Timur H. Lanosin Hadiri Pelantikan Pengurus PDPM OKU Timur

Sebelumnya telah dilaksanakan penilaian lomba kesatuan gerak PKK-KB-KES tingkat Prov. Sumsel di Desa Batu Winangun Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU pada tanggal 12 Oktober 2022, dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah didampingi Ketua PJ.TP-PKK OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy bersama Forkomcam Kecamatan Lubuk Raja, beserta  anggota PKK Kecamatan dan desa Batu Winangun.

Dari penilaian lomba kesatuan gerak PKK KB-KES tersebut desa  Batu Winangun memperoleh hasil yang sangat memuaskan yang diseahkan oleh tim penilai Provinsi Sumsel pada tanggal 26 November 2022 yang lalu.

HUT ke-58 HKN tersebut melibatkan 25 stand kesehatan antara lain, stand rumah sakit, Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM), Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan gabungan fasilitas kesehatan di Dinas Kesehatan (**).