HUT HAM Se Dunia, Bupati OKU Selatan Popo Ali Dianugrahi Kabupaten Peduli HAM

oleh -45 views
Gubernur Sumsel H. Herman Deru

PALEMBANG,Samudra.News-Bupati OKU Selatan Popo Ali MB Commerce menerima Penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM dan Pelayanan Publik yang berbasis HAM Tahun 2020 dan Pemkab OKU Selatan berhasil membina dan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM),

Penghargaan tersebut berasal dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly kepada Bupati OKU Selatan yang diserahkan oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga didampingi Kepala Divisi Pelayanan dan HAM Kanwil Kemenkuham Sumsel.

Bupati OKU Selatan menerima penghargaan tersebut diberikan usai acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se Dunia ke-72 Tahun 2020 bertema “Recover Better Stand Up For Human Right”. Bertempat di Griya Agung Palembang, Senin (14/12/2020).

Popo Ali bersama H. Kuryana Azis Bupati OKU

Pemberian Piagam Penghargaan kepada Pemkab OKU Selatan atas upaya dalam membina dan mengembangkan Kabupaten yang Peduli Hak Asasi Manusia Pada Tahun 2019 dan ini merupakan piagam penghargaan yang monomental bagi Bumi Serasan Seandanan.

Dalam sambutannya Herman Deru bangga atas pencapaian yang diterimanya sejak tahun 2018 itu dan berkomitmen akan memberikan pelayanan Hukum dan HAM yang lebuh baik lagi pada masyarakat Sumsel.

Penghargaan ini membuat kita semakin confidence (percaya diri) menegaskan bahwa di daerah ini memang Zero Konflik. Yang artinya tidak ada hak-hak masyarakat yang paling fundamental yakni hak asasi yang tidak diberikan sebagaimana mestinya. Ini mesti menjadi cambuk kita untuk berbuat lebih baik lagi, tegasnya.

Popo Ali dan Kuryana Azis sedang sedang berdoa

Lebih jauh Herman Deru mengatakan, berbagai penghargaan kepedulian HAM ini sering diterima baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Oleh sebab itu Ia menghimbau hal itu dapat menjadi peringatan bagi semua pihak untuk tetap konsisten terhadap pelayanan hak asasi manusia (HAM).

Herman Deru mengatakan dalam implementasinya, pelayanan HAM ini tidak sederhana karena kepala daerah tidak berjalan sendiri tapi ada Forkopinda juga jajaran hingga Kepala Desa dan Lurah yang dapat menjadi ujung tombak pelayanan HAM.

Baca Juga :   Koramil 403-01/Pengandonan Wajibkan Prajuritnya Laksanakan PBB Sebelum Bertugas
Popo Ali menerima langsung penghargaan peduli HAM

Meski tahun ini ada 11 Kabupaten/Kota saja yang mendapatkan penghargaan, namun kata Herman Deru hal itu harus tetap menjadi semangat bagi Kabupaten/Kota lain untuk melayani masyarakat memberikan hak-hak masyarakat seperti yang sudah diatur dalam peraturan yang berlaku di Negara Indonesia.

Terkait penghargaan yang telah diterima, Bupati OKU Selatan mengatakan, untuk ke depan Kabupaten OKU Selatan akan semakin konsisten dalam penegakan HAM, baik dalam pelayanan Publik maupun hak-hak yang bersifat fundamental.

Penghargaan ini akan menjadi semangat bagi pemerintahan selanjutnya, Kabupaten OKU Selatan. untuk memberikan pelayanan dengan baik, untuk penengakan HAM sesuai dengan Peraturan, pungkas Bupati OKU Selatan Popo Ali yang baru saja terpilih kembali di periode kedua Pilkada serentak 9 Desember 2020 (yudi).