HASIL PLENO REKAPITULASI KPUD OKU, PASANGAN DODI-GIRI MENANG

oleh -33 views

BATURAJA OKU-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten OKU menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018. Pada hari ini kami melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten OKU, kata Ketua KPUD OKU, Naning Wijaya, di Baturaja OKU, Rabu, (04/07).

Penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan dilakukan di Gedung SKB Baturaja OKU. Sesuai jadwal rekapitulasi penghitungan suara Pilgub serentak tingkat Kabupaten/Kota dilakukan pada 04-06 Juli 2018. Rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten OKU pilkada serentak 2018 dijaga ketat pihak keamanan sebanyak 250 personel gabungan terdiri dari 120 anggota Polres OKU, 30 anggota TNI dari Kodim 0403 dan 100 anggota Satpol PP OKU. Sejauh ini kondisi OKU kondusif. Meski demikian penjagaan tetap kami laksanakan untuk melakukan antisifasi hal tak diinginkan, jelas Kompol Yuskar.

Di provinsi Sumatera Selatan ada empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang bertarung pada Pilkada 2018. Yakni  Herman Deru-Mawardi Yahya diusung Partai Amanat Nasional, NasDem dan Partai Hanura. Kemudian pasangan  Aswari Rivai-Irwansyah diusung Partai Gerindra dan PKS).  Ishak Mekki-Yudha Pratomo dicalonkan dari Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan PBB, serta Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan, dan PKB.

Pada Pilkada serentak 2018 di provinsi Sumatera Selatan diikuti sembilan kabupaten dan kota diantaranya Muara Enim, Lahat, OKI, Banyu Asin, Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Prabumulih, Palembang. Rapat dipimpin langsung oleh ketua KPUD OKU, Naning Wijaya didampingi Komisioner lainnya. Hadir Bawaslu OKU, Forkopimda, saksi ke empat paslon yang bertarung.

Baca Juga :   Kepala BNPB, Pencegahan Lebih Baik Daripada Pemadaman Hutan

Ketika dikonfirmasi mengenai pelaksanaan pleno hasil Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. Ketua KPUD OKU, Naning Wijaya, mengatakan bahwa yang diundang dalam pelaksanaan pleno tersebut masing-masing saksi dari masing-masing pasangan calon baik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel. Selain itu juga hadir Bawaslu Kabupaten OKU juga jajaran Muspida Kabupaten OKU dan aparat keamanan baik dari TNI dan Polri serta PPK dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten OKU.

Ditambahkannya, Pleno terbuka rekapitulasi penetapan dan pengumuman hasil perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 berlangsung aman, damai dan kundusif. Hasilnya, rekapitulasi perolehan suara di OKU nomor urut 4 pasangan Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas memperoleh suara terbanyak yakni, 74.368 suara. Disusul perolehan suara kedua pasangan nomor urut 1, Herman Deru-Mawardi Yahya sebanyak 61.559 suara.

Urutan suara ke 3 yakni pasangan nomor urut 3,  Ishak Mekki-Yudha Pratomo memperoleh sebanyak 14.718 suara dan terakhir pasangan nomor urut 2  Saifudin Aswari Rivai-Irwansyah memperoleh suara 9.166 suara. Nomor urut 4 pasangan  Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas unggul untuk perolehan suara di Kabupaten OKU. Hasil rekapitulasi suara ini akan diantar langsung ke KPUD Sumatera Selatan bersama-sama KPUD, Bawaslu dan Aparat keamanan OKU. Tutupnya (yudi)