Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tahun 2020, “Umat Rukun, Indonesia Maju”

oleh -48 views
Bupati & Ketua DPRD ambil sekapur sirih

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis menghadiri acara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag Ke-74 Tahun 2020 di Gedung Serbaguna Islamic Centre Baturaja, Jumat (3/1/2020).

Dari pantauan media acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, Wakapolres Kompol Zulkarnain, SH, SIK, MH, Kasdim 0403/OKU Mayor Inf Sukriyono, Ketua Pengandilan Agama Ikhsan,  Kakanmenang OKU H. Ishak Putih, MSi, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH.

Kemudian juga dihadiri para Asisten, Ketua OPD, Kabag, Camat, Ketua MUI, Ketua Baznas, FKUB, BUMD, BUMN, Perbankan, Majelis Taklim se-Kabupaten, KUA se- Kabupaten OKU, Penyuluh Agama Islam Se-Kab OKU, Purna Bakti Kemenag, Pelajar dan undangan lainnya.

Bupati bersama Forkopimda OKU

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten OKU serta sekaligus memperingati kembali Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag Ke-74 Tahun 2020 di Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan mengangkat tema “Umat Rukun, Indonesia Maju”.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Drs. H. Ishak Putih, MSi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh mitra kerja Kementerian Agama Kabupaten OKU yang sudah ikut serta dalam mensukseskan acara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag Ke-74 Tahun 2020.

Dilanjutkannya ia mengucapkan terima kasih tersebut kami sampaikan kepada Bank BRI cabang Baturaja, Bank SumselBabel, Bank SumselBabel Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank BPR Baturaja, Bank Muamalat, Bank Mega Syariah Cabang Baturaja dan lainnya.

Ketua DPRD OKU berikan penghargaan

Serta semua unsur yang ikut memberikan bantuan moril dan materil guna suksesnya kegiatan pada hari ini termasuk pada seluruh panitia penyelenggara yang sudah bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan pemberian santunan kepada lima (5) Panti Asuhan yang ada di Kabupaten OKU yakni Panti Asuhan Assyifa, An-Nur, Mustika, Assaniyah dan Rumah Yusuf yang diberikan oleh karyawan-karyawati Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU, ujarnya.

Baca Juga :   Pisah Sambut Kapolres OKU: Yang Pergi Meninggalkan Kesan, Yang Datang Memberi Harapan

Ditingkat Kanwil kita berpartisipasi dengan mengirimkan peserta kegiatan Baazar, lomba Robana, pemasangan Jilbab yang dilakukan oleh Dharma Wanita, lomba Al Barzanji, Kemenag Idol 2020, Izil Quran pelajar, yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Januari 2020 di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

Bupati terima nasi tumpeng dari Kakanmenag 

Ditempat yang sama Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis membacakan amanat Menteri Agama RI dalam sambutannya menyampaikan, kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama.

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu.

Undang-Undang Dasar negara kita, pasal 29, menegaskan: “Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.” dan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

BUpati foto bersama ibu-ibu Kemenag OKU

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan Satya Lencana, santunan ke anak yatim serta penyerahan bingkisan ke Purna Bakti oleh Bupati OKU, Ketua DPRD, Kakanmenag OKU serta diiringi Forkopimda OKU lainnya, pungkasnya (yudi).