Hadapi Natal 2019 & Tahun Baru 2020, Polres OKU Gelar Rakor Lintas Sektoral

oleh -51 views
Menyanyikan lagu Indonesia Raya

BATURAJA OKU-Polres OKU gelar Rapat Koordinasi lintas sektoral operasi lilin Musi dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 di Gedung Wira Satya Polres OKU, Senin (16/12/2019).

Dari pantauan Samudra.News acara tersebut dihadiri Waka Polres OKU Kompol Zulkarnan, SIK, SH, MH, Mayor Inf Sukriyono, Kadin PUPR Pemkab OKU Chandra Dewana, ST, MM,  Dansubdenpom II/Swj Kapten Gatot Udiyono, unsur Forkopimda Kabupaten OKU, serta Tokoh Lintas Agama.

Kapolres OKU AKBP Tito Hutauruk, SIK, MH melalui Waka Polres Kompol Zulkarnan, SIK, SH, MH menyampaikan, bahwa terkait rapat koordinasi lintas sektoral yang dilaksanakan hari ini, sudah merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya demi untuk mengetahui bagaimana Kabupaten OKU ini agar tetap aman dan kondusif.

Undangan yang hadiri rakor lintas sektotal

Kepada pihak dan instansi terkait agar terjalin kerjasama dalam hal antisipasi dalam keamanan dan terjalin komunikasi yang terpelihara serta nantinya cepat melakukan tindakan apabila terjadi sesuatu hambatan atau hal-hal yang dianggap mengganggu terhadap pelaksanaan Natal dan Tahun Baru.

Kegiatan ini juga untuk memastikan Operasi Lilin Musi dapat berjalan baik, dengan mengantisipasi teroris, mabuk-mabukan, pemotor dengan kebut-kebutan serta kenakalan remaja lainnya, artinya kita koordinasikan apa yang kita lakukan memastikan bukan hanya keamanan namun juga kenyamanan masyarakat, kata Waka Polres.

Operasi akan dilaksanakan mulai 23 Desember sampai 01 Januari sedangkan sasaran utama yaitu Orang, Barang dan Kegiatan. satu hal yang perlu diapresiasi, operasi ini bersifat kemanusiaan yang menonjolkan pada kegiatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, ujarnya.

Wakapolres, Kasdim dan Pemkab OKU

Pemkab OKU yang diwakili Kepala Dinas PUPR Chandra Dewana, ST, MM mengatakan, Pemkab OKU mendukung penuh diselenggarakannya Operasi Lilin Musi 2019 (PAM Natal 2019 dan Tahun Baru 2020).

Baca Juga :   Plando Terpilih Kembali Sebagai Kades Desa Blatung Periode 2020-2026

Dukungan ini berupa kesiapan personel untuk mengisi dan menjabarkan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya, terutama tugas lapangan yang membutuhkan dedikasi tingkat tinggi.

Husus dibagian Infrastruktur jalan, misalnya terjadi tanah longsor yang diakibatkan hujan yang terus menerus, jalan rusak yang diakibatkan kendaraan yang melebihi volumenya. Pihak Pemkab OKU dalam hal ini PUPR siap menerjunkan personelnya kapan dan dimana saja.

Suasana rapat kordinasi lintas sektoral

Namun kami akan melakukan tindakan pencegahan atau pengamanan atau adanya tindakan-tindakan yang dapat diantisipasi berupa kemacetan atau hal-hal yang menghambat perjalanan dalam rangka Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Mewakili Pemkab OKU, menegaskan himbauan kepada Dinas kesehatan, Kesbang Pol, Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Dinas Perhubungan, agar mengaplikasikan Tupoksi Masing dalam operasi Lilin Musi ini, tegasnya.

Kemudian dari Dinas Kesehatan Pemkab OKU yang disampaikan Anuar Fahri mengatakan, untuk menjaga kebugaran dan antisipasi masalah kesehatan para pemudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya sama dengan tahun sebelumnya, pungkasnya (yudi).