GUBERNUR TINJAU DAN BERI BANTUAN WARGA TERDAMPAK BANJIR

oleh -32 views

BATURAJA OKU-Gubernur Sumsel Alex Noerdin meninjau dua desa yang terkena dampak banjir di kabupaten OKU yakni di kecamatan Lubuk Batang (desa Tanjung Dalam dan desa Banuayu), Kamis (08/03). lokasi ini dianggap menjadi desa terparah yang kena dampak banjir beberapa waktu yang lalu. Bersama Wakil Bupati OKU, Johan Anuar, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari dan BNPB, Dinas PUPR, Dinas Sosial baik dari Provinsi maupun Kabupaten OKU.

Gubernur mengunjungi beberapa titik melalui jalur darat mulai dari Taman Kota Baturaja hingga sempat meninjau jembatan Gantung yang mengalami kerusakan, sekaligus berbincang bincang dengan masyarakat di Desa Tanjung Dalam dan Desa Banuayu. Sedangkan desa Lubuk Batang Lama batal dikunjungi, dikarenakan Gubernur Alex Noerdin akan memberikan bantuan secara simbolis di desa Banuayu Kecamatan Lubung Batang OKU.

Hujan yang mengguyur kabupaten OKU selama beberapa hari sejak sepekan terakhir ini, menyebabkan beberapa titik terkena banjir seperti Kecamatan Lubuk Batang ini. Tidak hanya curah hujan yang tinggi sebagai penyebab banjir di Desa Banuayu dan Tanjung Dalam, tetapi juga aliran sungai Ogan yang tidak mampu menahan banyaknya air mengalir dari berbagai arah, tetapi mengalir tidak teratur melalui jalanan, rumah warga hingga menyebabkan desa tersebut terkena banjir dan merusakkan jembatan gantung yang dibuat tahun 2015.

Menurut warga, banjir di Kecamatan Lubuk Batang adalah banjir kiriman. Air dari beberapa daerah yang masuk ke rumah warga disini  melalui jalur sungai Ogan, mungkin dasar sungainya sudah dangkal diantaranya air yang melewati desa aliran Sungai Ogan. Saat kunjungan ke kecamatan Lubuk Batang, Gubernur diajak ke lokasi yang terkena dampak untuk melihat kondisi dan mempersiapkan perbaikan sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan, Gubernur menjanjikan perbaikan jembatan gantung segera diperbaiki.

Baca Juga :   Irwansyah 33 Tahun Merantau, Pulang Kampung, Kini Jadi Kades Tualang Lengkiti

Selain itu, kunjungan ke titik-titik terparah didesa Tanjung Dalam dan Banuayu. Gubernur Sumsel bersama Wakil Bupati, Danrem, Kaporles dengan tim sempat meninjau langsung ke dua jembatan gantung yang mengalami kerusakan parah aliran air hingga ke beberapa lokasi yang dianggap parah. Alex Noerdin sempat berdialog dan menyampaikan berita tentang pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang dan warga desa yang terkena dampak di tawari untuk mengunjungi Kota Palembang kepada warga dengan difasilitasi pemerintah provinsi.

Selain itu, untuk pemulihan terkena dampak dikecamatan Lubuk Batang, Gubernur sudah berkomunikasi dengan pihak terkait, dan hari ini telah diberikan bantuan secara simbolis berupa bantuan sembako, tenda, selimut, dan lainnya karena ada beberapa bahan mulai sulit didapat. Dalam kunjungannya Alex Noerdin menyempatkan diri berbincang dengan beberapa warga untuk mendengar keluhan mereka didua desa tersebut.

Sementara itu, Kepala BNPB OKU, Himni menuturkan, bantuan kepada korban bencana diberikan secara langsung. Khusus untuk Banuayu 25 rumah, Gunung Meraksa 73 rumah dan Lubuk Batang Lama sebanyak 450 rumah dan lahan yang terendam sebanyak 300 hektar. Bantuan tersebut diungkapkannya, diberikan dalam bentuk Sembako, peralatan dapur, keperluan alat sekolah, selimut dan lain-lain. (yudi kasman)