Gubernur Sumsel: Kinerja Bupati MUBA Apriyadi Mahmud Banyak Kontribusi Positif Ke Masyarakat

oleh -284 Dilihat
Kepala Arsip Nasional RI Drs Imam Gunarto MHum, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Pj Bupati MUBA

MUBA,Samudra.News-Kabupaten Muba memasuki usia yang ke-67 tahun tepat hari Kamis (28/9/2023) dan perayaan HUT Kabupaten Muba ini juga bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi SAW 12 Rabiul Awal 1445 Hijriah.

Dalam kesempatan Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Musi Banyuasin Dalam Rangka HUT ke-67 Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (28/9/2023).

Acara tersebut dihadiri secara langsung Kepala Arsip Nasional RI Drs Imam Gunarto MHum, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru, Forkopimda Sumsel, Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin AP MM, mantan Wakil Bupati Muba Islan Hanura,

Ketua DPRD Muba Sugondo SH, Dandim 0401 Muba Letkol Inf Erry Dwianto SPsi MHan, Kapolres Muba AKBP Imam Safii SIK MSi, Kajari Muba Romy RozaliSH MH, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Cristo Evert Natanael Sitorus SH MHum, dan Pj Ketua TP PKK Muba Asna Aini Apriyadi dan undangan lainnya.

“Sumsel mampu turunkan angka kemiskinan ekstrem dari 5 persen menjadi 1 persen, penurunan ini didukung penuh penurunannya oleh Kabupaten Muba. Saya apresiasi program konkrit yang direalisasikan Bupati Muba Apriyadi bersama jajaran, ini luar biasa”, ungkap Gubernur Herman Deru.

Lanjutnya, begitu juga dengan angka stunting, Sumsel berhasil menurunkan angka stunting 24 persen menjadi 18 persen. “Ini juga tidak terlepas dari kinerja Kabupaten Muba yang juga menurunkan angka stunting mencapai 5 persen yakni  dari 23 persen ke 17.07 persen,” ujarnya.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mengatakan, Muba begitu luas wilayahnya dan di perayaan HUT ke-67 tahun ini Bupati Apriyadi berhasil menghadiahkan penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengangguran, dan stunting.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Resmikan Team Hunter Polrestabes Palembang

“Ke depan terkait infrastruktur saya akan bersinergi bersama pak Apriyadi ingin membangun jalan Jirak Jaya-Musi Rawas, Insya Allah kalau keberlanjutan kepemimpinan saya sebagai Gubernur Sumsel dan pak Apriyadi menjadi Bupati definitif, ini akan direalisasikan,” bebernya.

Herman Deru mengaku, kinerja Bupati Muba Apriyadi Mahmud menahkodai Kabupaten Muba sejak satu tahun belakangan banyak memberikan kontribusi positif yang menyasar langsung ke masyarakat.

Saya salut dan bangga dengan kinerja Bupati Apriyadi. Semoga selalu ditingkatkan dan dipertahankan. Ia mengungkapkan, di tahun 2025 Pemprov Sumsel akan berencana menunjuk Kabupaten Muba menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov 2025.

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengatakan di tahun 2023 ini telah meluncurkan program Bantu Umak yang menyasar langsung masyarakat kategori miskin ekstrem. “Saat ini terdata ada sebanyak 9 ribu KK warga masuk kategori miskin ekstrem dan saat ini sudah disiasati dengan program Bantu Umak, selain itu mereka juga kita berikan asuransi ketenagakerjaan kategori pekerja sektor informal yang pada Desember 2023 ini akan mulai diterapkan,” ungkapnya.

Titik fokus yang lainnya adalah penanganan stunting, berbagai inovasi penangan stunting telah diluncurkan salah satunya adalah Program Bunda AS (Bimbingan dan Pendampingan Anak Sehat). Penurunan angka stunting di Kabupaten Muba yang turun drastis mencapai 5 persen dari 23 persen ke 17.07 persen,” ungkap Mantan Kabag Kesra Muba itu. (SP).