Gubernur Resmikan Jembatan, Menteri Pertanian Bantu Bibit Pertanian & Peternakan

oleh -218 Dilihat
Gubernur, Bupati dan Mentan tinjau Jembatan Cungking

BELITANG OKUT,Samudra.News-Usai melaksanakan Panen Raya Padi, Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MSi, MH diajak Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST meresmikan Jembatan Cungking di Desa Karang Kemiri Kecamatan Belitang, OKU Timur, Sabtu (3/4/2021).

Selain itu, peresmian Jembatan Cungking tersebut juga dihadiri Anggota DPR RI Ny. Hj. Percha Leanpuri, BBus, MBA, Para Dirjen Kementan RI, Plh. Bupati OKU H. Edward Candra, MSi, Forkopimda Provinsi dan Forkopimda OKU Timur, dan tamu undangan lainnya.

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST dalam sambutannya menuturkan bahwa pembangunan Jembatan Cungking menunjukkan perhatian pemerintah di bidang infrastruktur, untuk meningkatkan sarana prasarana sehingga capaian pembangunan dapat diwujudkan dan mempermudah akses bagi para petani, ujarnya.

Gubernur teken prasasti disaksikan Mentan, Bupati & Percha

Sebagai mana diketahui bahwa ketersediaan prasarana fisik jembatan merupakan faktor penunjang pengembangan suatu wilayah. Dilanjutkan Bupati OKU Timur, dibangunnya Jembatan Congking ini tentu akan membantu kembali aktivitas masyarakat, baik dalam bidang pertanian maupun aktivitas lainnya.

Diharapkan dengan adanya jembatan ini dapat mendorong percepatan peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah ini. Percepatan dan pemerataan pembangunan di Kabupaten OKU Timur harus dituntaskan, untuk itu saya mengharapkan seluruh pihak agar dapat bekerjasama guna terciptanya hal tersebut, kata adik kandung Herman Deru.

Untuk diketahui, Jembatan Cungking Desa Karang Kemiri ini memiliki panjang 25,5 Meter dengan lebar 4 Meter. Dimana sebelumnya jembatan ini sempat ambruk sehingga membuat masyarakat kesulitan dalam membawa hasil panen.

Sambutan Menteri Pertanian RI di acara peresmian jembatan

Ditempat yang sama Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan langsung kepada masyarakat setempat siapa yang menyangka di Desa Karang Kemiri Kecamatan Belitang akan kedatangan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL). Menurut Gubernur ini suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat sehingga dapat dilihat langsung kondisi sekitar oleh Menteri Pertanian, ujarnya.

Baca Juga :   BUPATI OKU: Calon Kades Bersaing Secara Sehat Sesuai Deklarasi Damai “Siap Menang Siap Kalah”

Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang kini menjabat Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MSi, MH mengatakan kegembiraannya dapat bertemu langsung dengan masyarakat Sumsel khususnya di OKU Timur.

Menteri Pertanian menyampaikan, bahwa tidak salah jika dirinya menyebut Gubernur Sumsel Gubernur terbaik di Indonesia. Saya melihat masyarakat kompak, tertib, ceria dan mematuhi protokol kesehatan, ujarnya.

Gubernur Sumsel usai penandatanganan prasasti

Inilah salah satu bentuk keberhasilan pembangunan itu, pembangunan bukan hanya bersifat dari materi, infrastruktur. Pembangunan itu hadir ketika masyarakatnya Damai, Tenang dan Kompak. Buat apa banyak uang kalau rasa damai terganggu, jelasnya.

Terkait infrastruktur jembatan yang baru saja diresmikan, Menteri Pertanian SYL menyebutkan infrastruktur sangat penting demi menunjang semua aktifitas perekonomian masyarakat. Menteri pun menilai OKU Timur merupakan wilayah yang sangat didukung oleh sumber daya alam (SDA) yang bagus, seperti air yang melimpah, infrastruktur yang semakin meningkat.

Pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian SYL membawa langsung Dirjen Kementan RI. SYL langsung menawarkan kepada kelompok tani yang hadir mulai dari Bibit Pertanian berupa Kedelai, Kacang Hijau, Jagung, Kelapa Hibrida dan peternakan berupa Bebek/Itik, saya juga arahkan kepada petani agar gunakan KUR yang memang produk bantuan untuk petani, pungkasnya (yudi).