Gerakan Pramuka Sebagai Organisasi Kepanduan Dalam Membangun Tunas Muda Yang Memiliki Watak, Kepribadian, Karakter, dan Jati Diri

oleh -32 views
Penyematan Penghargaan oleh Bupati OKU

BATURAJA OKU-Ribuan siswa siswi pelajar mulai dari SD, SMP SMA dan SMK   Kabupaten  Ogan Komering Ulu (OKU) memperingati HUT Pramuka ke-57 di Lapangan Taman Kota Baturaja, Selasa (14/08). Untuk tahun ini mengusung Tema “Pramuka Perekat NKRI”, upacara Pramuka Ke-57 ini dihadiri langsung oleh Bupati OKU H Kuryana Azis yang sekaligus menjadi Pembina Upacara, Turut hadir Wakapolres OKU Kompol Nurhadiansyah SIK, Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala SKPD, Angota Pramuka serta seluruh undangan dan peserta upacara.

Dalam sambutannya Bupati OKU H Kuryana Azis yang menyampaikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr Adhyaksa Dault SH MSi, Ia selaku Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku. Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini.

Bupati OKU Menyematkan Tanda Pramuka

Untuk itulah, Hari Pramuka ke-57 sekarang ini kita mengangkat tema “Pramuka Perekat NKRI”. Tentu yang dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah. Hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI. Gerakan Pramuka telah mencapai usia 57 tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia.

Ia berpesan hendaknya Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis. Untuk itu, saya mengharapkan kepada seluruh jajaran Pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

Baca Juga :   Lurah Sepancar Evan Saputra, SSTP Sambut Baik Harkannas Ke-6 Dilaksanakan di Wilayah Kerjanya
Bupati, Sekda dan Ajudan Bupati OKU

Bangsa ini hendaknya dapat membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia. Pramuka yang keren, gembira, asyik dan menyenangkan perlu terus dikembangkan sehingga kaum muda bangga menjadi Pramuka. “ Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Pramuka dan Jayalah Indonesiaku”.

Peringatan HUT Gerakan Pramuka yang penuh khidmat ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas gerakan pramuka, sebagai organisasi kepanduan dalam membangun tunas-tunas muda yang memiliki watak, kepribadian, karakter, dan jati diri Bangsa Indonesia. Bupati juga berpesan kepada segenap Anggota Gerakan Pramuka yang berkesempatan hadir, untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka.

Bupati OKU H Kuryana Azis

Isilah waktu muda dengan kegiatan yang positif dan produktif. Jadilah Patriot Bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila adalah dasar kita bernegara, Pancasila adalah pemersatu bangsa, Pancasila adalah rumah kita bersama. Selamat Hari Ulang Tahun Ke- 57 Gerakan Pramuka “Pramuka Perekat NKRI”. (yudi)