Home / OKU Raya / OKU / Fathan Qoribi, ST Asal OKU Jadi Anggota DPRD Provinsi Sumsel Termuda

Fathan Qoribi, ST Asal OKU Jadi Anggota DPRD Provinsi Sumsel Termuda

Fathan Qoribi, ST Anggota DPRD Sumsel

PALEMBANG-Politikus muda dari partai PKB, Fathan Qoribi, ST Bin Ir. H. Helman, MM asal Kota Baturaja OKU, baru saja dilantik sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (24/9/2019).

Fathan Qoribi yang biasa dipanggil sehari-hari Obi oleh teman-teman dan orang tuanya, merupakan anggota dewan termuda kelahiran Baturaja-OKU, (25/12/1991). Dengan usia 28 tahun bertekad ingin menghasilkan gagasan baru dan juga menjadi motivasi untuk generasi muda berikutnya “Yang muda yang berprestasi”, ujarnya.

Obi merupakan buah kasih dari Ir. H. Helman, MM (Lubuk Batang-OKU) dengan Evi Yanti (Kisam-OKU Selatan), ia menjajal petarungan pencalegkan bukan hal yang mudah dan gampang. Pertarungan sengitpun berlangsung cukup lama untuk memperebutkan kursi DPRD Sumsel dari Dapil 5 yakni OKU dan OKU Selatan.

Putera ke dua dari tiga bersaudara ini, sudah tertarik pada dunia politik usai menempuh pendidikan Strata Satu (S1) di Fakultas Teknik jurusan Arsitektur Universitas Sriwijaya Palembang. Pemuda yang sekolahnya dari SD sampai dengan SMA di Baturaja ini dikenal pendiam, namun suka bergaul dengan siapa saja.

Fathan Qoribi dan kedua orang tuannya

Setelah lulus dari S1 bidang Teknik Arsitektur, Obi banyak menghabiskan waktunya dibidang kunsultan Arsitektur, maklum karena orang tuanya yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) di Pemkab OKU.

Diluar kegiatannya sebagai konsultan Arsitektur, Obi dikenal juga penghobby Traveling. Dikarenakan banyak bergaul dengan orang-orang politik, timbul keinginannya untuk ke dunia politik praktis sebagaimana keluarga politikus tanah air. Obi pertama kali terjun langsung terpilih.

Meski anggota dewan termuda, Obi ingin mematahkan stigma. Banyak orang berpikir yang muda tidak banyak kemampuan, tidak berpengalaman dan jam terbangnya baru seumur jagung. Dari situ ia ingin membuat kalau kehadiran anggota legislatif atau DPRD yang muda justru akan menghasilkan gagasan baru di DPRD nantinya, ujarnya.

Baca Juga :   Jalan Dipinggir Danau Ranau Antara Villa Pusri-Banding Agung Diperlebar

Bagi Obi, ia dikatakan muda hanya soal usia. Namun, terpenting ia mengaku dapat berkompetisi dan memiliki kemampuan untuk memunculkan ide-ide baru. Karena itu, setelah melalui tahapan alat kelengkapan dewan nanti ia berharap dapat ditempatkan ke Komisi IV  yang berkaitan dengan Pembangunan sesuai dengan disiflin ilmunya.

Fathan Qoribi, ST alias Obi

Dengan ditempatkan ia di komisi IV Pembangunan, ia nantinya banyak berbicara tentang perumahan, bangunan, tata ruang infrastruktur dan lainnya. Dengan ditempatkannya di bidang pembangunan, harapannya dapat mewujudkan kesejahtraan rakyat dan seluruh kebijakan nantinya berpihak kepada rakyat.

Kepada konstituen yang mempercayakan kepadanya, ia mengucapkan terima kasih dan Alhamdulillah diberi amanah oleh masyarakat khususnya Dapil 5 OKU dan OKU Selatan sehingga hari ini ia dilantik sebangai anggota dewan termuda di DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024.

Saat ditanya mengenai strategi yang dilakukan untuk menggaet suara masyarakat mengingat usianya yang masih terbilang muda, Obi mengatakan salah satu kuncinya adalah terjun langsung ke masyarakat dan melakukan kampanye door to door.  Akhirnya pada pileg kemarin ia memperoleh suara 14.570 yang menghantarkannya ke DPRD Sumsel.

Yang penting itu kita terjun ke masyarakat. Yang kedua, kampanye door to doorkarena Pileg itu beda dengan Pilkada. Kalau Pilkada pasang baliho elektabilitas kita bisa naik dengan cepat, tapi kalau pileg itu yang penting langsung ke masyarakat, pungkasnya (yudi).

Tentang redaktur pelaksana

Previous Pemkab OKU Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan
Next Kepala BNPB, Pencegahan Lebih Baik Daripada Pemadaman Hutan

Baca juga

Bupati OKU Raih Penghargaan The Leader Of Technology Program Dari Kompas Gramedia Sumsel Award 2019

PALEMBANG-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis berhasil meraih penghargaan The Leader Of Technology Program pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *