Faisal Saleh: Rekam Jejak Erick Thohir Yang Bernyali dan Inspirator Sangat Cocok di Era Sekarang

oleh -238 Dilihat
Pengamat politik nasional, Faisal Saleh

JAKARTA,Samudra.News-Menteri BUMN Erick Thohir dengan tegas dan tanpa ragu  mengumumkan dirinya siap mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Ungkapan tersebut dibutuhkan sebagai upaya mewujudkan sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi sebagaimana disampaikannya di Jakarta, Minggu, (15/1/2023).

Pengamat politik Faisal Saleh saat dimintai komentarnya tentang pernyataan Erick Thohir tersebut menyatakan, dengan pernyataan yang tegas, bernyali dan tanpa ragu-ragu tersebut saya yakin dan percaya dengan sepak terjang beliau selama ini baik itu sebagai Menteri BUMN maupun di Bidang Olahraga, ujarnya.

Apa yang disampaikan oleh Erick Thohir tersebut merupakan jawaban dari perkembangan fenomena yang terjadi di negeri ini, yang sarat dengan kompleksitas permasalahan, dan membutuhkan problem solving yang cepat dan tepat.

Untuk membuat keputusan cepat, diperlukan sosok pemimpin ataupun kepemimpinan yang bernyali untuk mengambil sebuah keputusan yang cepat dan tepat, sejarah negeri ini telah membuktikan bahwa kemerdekaan yang direbut dari penjajah, itu dilakukan oleh para pejuang yang bernyali, tapi bukan asal bernyali doank, namun bernyali yang bisa berprestasi, ucap Faisal Saleh pengamat politik kepada awak media di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Faisal Saleh bersama keluarga besarnya

Dilanjutkan Faisal Saleh, dalam perjalanan sejarah negeri ini, hingga tercapainya kemerdekaan yang saat ini telah berusia 78 tahun ini, dan kemudian memasuki era pembangunan, tidak terlepas dari peran para pemimpin bernyali.

Namun ketika memasuki era sekarang ini, muncul fenomena terjadi krisis kepemimpinan terutama di kalangan generasi muda, yang menganggap pemimpin yang muncul di permukaan adalah sosok yang korup, penakut, mengekor, pasrah dan tidak berani mengambil tindakan tegas.

Sehingga menimbulkan sikap yang apatis, skeptis terhadap munculnya sosok pemimpin, yang tidak bisa diteladani atau bahkan  tidak bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda, terutama generasi millineal, ucapnya.

Baca Juga :   Kemarau Penjang, Kapolres Bersama Masyarakat OKU Selatan Laksanakan Sholat Istisqa

Kondisi yang tidak menentu saat ini dijawab dengan tegas oleh Erick Thohir yang bukan hanya berbicara soal kepemimpinan bernyali, tapi dia sendiri yang tampil sebagai sosok fenomenal yang berani melakukan perubahan mental, perubahan mindset terutama di kalangan generasi millineal.

Diantaranya melalui keberaniannya mengambil tugas sebagai Ketua Team Sukses Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 lalu, padahal dia bukan seorang aktivis dan juga bukan seorang politisi, tapi ia punya nyali untuk ambil tugas itu kemudian dijalankannya dengan hasil kemenangan bagi pasangan Jokowi-Maruf Amin, kata Pengamat Politik Nasional Faisal Saleh.

Faisal Saleh bersama Putrinya sedang liburan

Bukan hanya itu, lanjut Faisal rupanya sosok Erick Thohir ini meneladani apa yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan tempo dulu, yang berani mengambil resiko apapun, dengan pertimbangan matang, cerdas dan tepat mengambil langkah maju ke medan pertempuran.

Sebagaimana kita rasakan saat ini kemerdekaan itu dapat di raih dan dirasakan hingga sekarang, ya, keteladanan itulah yang kemudian mendorong Erick Thohir, saat diberi amanah oleh Presiden Jokowi untuk memimpin Kementerian BUMN, ia tidak pernah ragu untuk mengevaluasi setiap petinggi di BUMN.

Seperti pegawai di Kementerian BUMN yang terbukti jelas melakukan kesalahan, berani membongkar kasus korupsi di lingkungan BUMN, dan tentunya Erick Thohir telah berani menerapkan perubahan total baik di lingkungan kementerian yang dipimpinnya maupun di luar tugasnya sebagai Menteri.

Menurut saya negeri ini membutuhkan pemimpin “Bernyali yang Cerdas, Bersih, Berintegrasi, Cekatan serta tentunya memiliki Skill, dan itu semua ada di sosok Erick Thohir”, yang bisa menjadi  figur inspiratif bagi Generasi Muda Bangsa Indonesia, ya, Erick Thohir layaklah  menjadi sosok bernyali dan sekaligus inspirator, pungkas Faisal Saleh (**).

Baca Juga :   HUT OKU Selatan Ke-15, Banyak Kemajuan dan Prestasi Yang Diperoleh