Era Putra Asli Baturaja, Pengadilan Negeri Baturaja Naik Kelas Menjadi I.B

oleh -78 Dilihat
Ketua Pengadilan Negeri Baturaja melantik Wakil Ketua

BATURAJA,Samudra.News-Pengadilan Negeri Baturaja yang membawahi tiga Kabupaten yakni OKU, OKU Timur dan OKU Selatan kini statusnya berubah alias naik kelas dari kelas II menjadi kelas I.B. Kamis (7/7/2022).

Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Hendri Agustian, SH, M Hum saat dijumpai diruang istirahatnya usai pelaksaan Syukuran dan Ramah Tamah atas dilantiknya Wakil Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Ferdinaldo Hendrayul Bonodikun, SH mengatakan, Terhitung tanggal 4 Juli 2022 dari Mahkamah Agung RI Pengadilan Negeri Baturaja kini statusnya naik kelas dari kelas II menjadi Kelas I.B.

Pengadilan Negeri Baturaja ikut dalam 73 Pengadilan Tingkat Pertama dari seluruh Indonesia menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Peningkatan Kelas Pengadilan Senin, 4 Juli 2022. Penyerahan SK dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, Dr. Sunarto, SH, MH, di gedung Mahkamah Agung, Jakarta, ujarnya.

Tamu undangan yang menghadiri Syukuran dan ramah tamah

Jumlah pengadilan yang diusulkan sebanyak 81 pengadilan. Namun, yang disetujui sebanyak 73 pengadilan, salah satunya Pengadilan Negeri Baturaja yang membawahi tiga Kabupaten atau OKU Raya.

Hendri yang asli orang Baturaja (Bakung) ini mengatakan, bahwa kenaikan kelas pengadilan ini merupakan hasil dari perjuangan dan kerja ihklas dari insan peradilan. Perjuangan yang tidak mudah dimulai dari proses pengajuan ke Kementerian PAN RB, proses verifikasi dan validasi data, hingga proses verifikasi lapangan. Dari MenPAN RB keluar penetapanya bulan Juni 2022.

Sebenarnya sejak zaman Amin Sembiring tahun 2005 Pengadilan Baturaja sudah mengusulkan kenaikan kelas, ternyata kenaikan kelas Pengadilan Negeri Baturaja terlaksana baru kali ini. Alhamdulillah sejak putra daerah dipercaya menjabat Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, katanya dengan ramah.

Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri potong tumpeng syukuran

Ia menambahkan bahwa peningkatan kelas Pengadilan Negeri Baturaja kali ini merupakan moment tersendiri bagi warga OKU atau yang biasa juga disebut Bumi Sebimbing Sekundang, kenapa, karena yang menjabat Ketua Pengadilan Negeri saat ini Pas Orang Baturaja Asli, ujarnya.

Baca Juga :   AKP Betty Purwanti: Kedua Kalinya Menggantikan Posisi AKP Candra Kirana Putra Sebagai Kasat Lantas

Salah satu dampak peningkatan kelas adalah kenaikan penghasilan serta tunjangan kinerja para Pegawai serta pada kenaikan pangkat/golongan para pejabat pengadilan. Hal tersebut, menurut Hendri Agustian yang juga pernah menjabat Komisioner KPU Pertama di Kabupaten OKU.

Menurutnya, peningkatan kelas ini hendaklah disertai dengan peningkatan profesionalisme Hakim dan Pegawai, serta peningkatan kinerja organisasi dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima dan berkualitas bagi masyarakat.

Ketua Pengadilan Negeri Baturaja dan jajarannya

Ini adalah pencapaian yang luar biasa bagi Pengadilan Negeri Baturaja, banyak pertimbangannya misalnya luas wilayah, banyaknya kasus, hakimpun idealnya ditambah empat lagi, harapnya.

Hendri berharap kepada seluruh aparatur yang bekerja dilingkungan Pengadilan Negeri Baturaja dengan adanya peningkatan status ini, jangan hanya sekedar mendapatkan SK, namun harus diimbangi dengan kinerja yang lebih profesional dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Semoga dengan peningkatan kelas pengadilan ini akan meningkatkan kualitas pelayanan publik, kapasitas, akuntabilitas kinerja birokrasi dan untuk mendorong percepatan peningkatan kinerja, kualitas aparatur peradilan yang profesional, berkompetensi dan berintegrasi guna mendorong tercapainya visi dan misi Mahkamah Agung (yudi).