Enos: Apel Kesiapan Personel & Peralatan Penanggulangan Bencana Sangat Penting

oleh -16 views
Bupati dan Wabup OKU Timur meninjau peralatan

MARTAPURA,Samudra.News-Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST pimpin Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Bencana. Bertempat di Lapangan Pemkab  OKU Timur, Senin (15/3/2021).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri dari Personel TNI Angkatan Darat, Personel Kepolisian, Brimob serta Petugas Penanggulangan Bencana.

Dalam kesempatan itu, Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST atau yang biasa disapa Enos ini berkesempatan memeriksa barisan kesiapan personel serta peralatan penangulangan bencana.

Dalam arahannya, Bupati OKU Timur Enos mengatakan, fungsi penanggulangan bencana itu ada tiga, yaitu Komando, Koordinatif dan Penanganan. Untuk menerapkan ketiga fungsi sistem tersebut,

Tentunya dibutuhkan sistem yang handal, baik dari komunikasi jaringan kerja dan sejenisnya, juga dibutuhkan SDM yang terampil, dan pasti dibutuhkan peralatan yang memadai agar fungsi komando, fungsi koordinatif, fungsi penanganan itu dapat dijalankan dengan baik, ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, tujuan pelaksanaan apel gelar peralatan ini dilakukan tidak lain dalam rangka Pemerintah Kabupaten OKU Timur melakukan distiminasi informasi seluas-luasnya, serta unjuk kekuatan peralatan yang dimiliki pemerintah, sekaligus memastikan pembagian tugas dari masing-masing sektor dalam penanggulangan bencana.

Diarahkan untuk mempersiapkan personil dan peralatannya agar lebih cepat dan siap, dapat di mobilisasi ke wilayah yang dianggap rawan dan perpotensi terjadi bencana. Sehingga kerugian harta benda dan jiwa dapat dihindari atau ditekan sekecil mungkin. Untuk itu saya sangat menyambut diadakannya apel kesiagaan ini. jelasnya.

Bupati OKU Timur Enos mengharapkan peran dari semua pihak karena fungsi yang disampaikan tersebut tidak akan efektif dan produktif tanpa dukungan semua elemen penyelenggara pemerintahan, termasuk aparat penegak hukum, pelaku usaha, dan tentunya masyarakat luas yang harus menyiapkan diri untuk selalu siap siaga ketika bencana terjadi (red).

Baca Juga :   Warga dan Pejabat OKU Antusias Saksikan Lomba Perahu di Sungai Ogan