Dua Tahun Ditiadakan, Pasar Bedug Kembali Dibuka Oleh Teddy Meilwansyah

oleh -39 views

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah membuka kegiatan Pasar Bedug Ramadhan 1443 H Kabupaten OKU Tahun 2022. Bertempat di Taman Kota Baturaja-OKU. Minggu (3/04/2022).

Turut hadir diantaranya Dandim 0403/OKU, Kapolres OKU, Hakim Pengadilan Negeri Baturaja, Sekda OKU, Para Asisten Setda OKU, Para Kepala OPD, Para Kabag dan Camat, PLH Ketua TP. PKK OKU, Ketua Persit KCK OKU, Ketua Bhayangkari OKU, Ketua DWP OKU, BUMN/BUMD Serta Undangan Lainnya.

Plt. Kadin Koperasi dan UKM OKU Ermuni, S.PT, M.Si., Melaporkan melalui kegiatan pasar bedug ini semoga dapat menjadi momentum untuk membangkitkan geliat ekonomi yang ada di Kabupaten OKU khususnya pada sektor UMKM dan sebanyak 200 pelaku UMKM Kabupaten OKU  terlibat didalam pasar bedug ini, dengan difasilitasi tenda sebanyak 40 unit secara gratis dengan lokasi yang dipusatkan di Jl. Gajah mada Taman Kota Baturaja.

Plh. Bupati OKU serahkan bantuan ke Panti Asuhan

Diharapkan selama bulan Ramadhan ini semua pelaku UMKM dapat menggelar produk-produk andalan Kuliner Khas Kabupaten OKU, dan Selain Pembukaan pasar bedug ini Pemerintah Kabupaten OKU juga akan menyerahkan bantuan berupa 100 paket sembako kepada Panti asuhan Asyifa, Annur, Asaniah dan Mustika.

Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan, dalam hal kegiatan Pasar Bedug ini tentunya juga bagian dari upaya untuk menstimulasi semakin tumbuh-kembangnya pelaku usaha kecil terutama usaha bidang kuliner dan makanan ringan.

Sehingga momentum pasar bedug ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat wirausaha dan meningkatkan peluang bagi pelaku UKM untuk terus mengembangkan usahanya agar semakin kreatif menghasilkan produk makanan atau minuman konsumsi masyarakat yang lebih sehat karena terbuat dari bahan-bahan alamiah.

Dalam hal ini juga Pemerintah Kabupaten OKU berharap bahwa kuliner yang diperjual-belikan dalam areal pasar bedug ini kiranya dapat mengutamakan makanan tradisional yang sesungguhnya merupakan ciri khas daerah OKU.

Baca Juga :   Kades dan BPD Harus Bersinergi Menata Pemerintahan Desa Secara Profesional, Transparan dan Akuntabel.

Dengan demikian, kegiatan pasar bedug juga dapat menjadi media bagi masyarakat khususnya generasi penerus untuk lebih mengenal makanan-makanan ciri khas daerah sebagai bagian dari budaya lokal dan budaya bangsa.

Setelah selama 2 tahun tidak diselenggarakan pasar bedug di Kabupaten OKU ini karena kondisi pandemi Covid-19, saat ini kembali kita menyelenggarakan kegiatan pasar bedug Ramadhan yang bertujuan untuk menggairahkan semangat kaum muslim dan masyarakat Baturaja secara umum dalam menyemarakkan suasana Ramadhan.

Foto bersama usai pembukaan pasar bedug

Atas nama Pemerintah Daerah sangat bangga dan menyampaikan apresiasi dengan antusiasme warga dan para peserta atau pelaku usaha makanan dan minuman yang telah berpartisipasi menyemarakkan pasar bedug ini. selain itu, makna penting pasar bedug ini yakni sebagai wisata kuliner dan memasyarakatkan makanan khas daerah, untuk menu berbuka puasa bagi masyarakat OKU.

Teddy Meilwansyah juga menyampaikan secara pribadi dan mewakili seluruh keluarga besar serta jajaran Pemerintah Kabupaten OKU, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 Hijriyah serta permohonan maaf lahir dan bathin atas segala kekeliruan dan kekhilafan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako kepada 4 Panti Asuhan yaitu Asyifa, Annur, Asaniah dan Mustika oleh Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, didampingi Forkopimda OKU. Serta pengguntingan pita dan meninjau Pasar Bedug (yudi).