Dr H Achmad Tarmizi Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Perhiptani OKU

oleh -45 views
Ketua terpilih dan Ketua Perhiptani Sumsel

BATURAJA OKU-Musda Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), memilih Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi  secara aklamasi sebagai Ketua  Perhiptani  Kabupaten OKU periode 2018-2023 menggantikan Ketua yang lama Edi Suryono, sedangkan Sekretaris yang baru dipercayakan kepada Teguh Rujianto. Acara dilaksanakan di BPP Raksa Jiwa Baturaja, Kamis (25/10)

Ketua panitia Musda Perhiptani OKU Subagio SP mengatakan, Bapak Achmad Tarmizi yang disepakati dan dipercaya sebagai Ketua, karena kami anggap beliau memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap organisasi dan profesi penyuluh pertanian. Beliau, juga kami yakini mampu menjadi mediator antara penyuluh yang tergabung didalam organisasi Perhiptani dengan pemerintah dan stakeholder pertanian yang ada di OKU.

Sekda OKU terpilih sebagai Ketua Perhiptani

Tak kalah pentingnya sebagai Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sekda OKU H Achmad Tarmizi sekarang ini memiliki visi dan misi yang jelas terhadap tujuan organisasi dan dalam mewujudkan petani yang berwawasan agribisnis, kata ketua panitia Musda Perhiptani OKU.

Dr H Achmad Tarmizi yang saat ini menjabat sebagai Sekda OKU mengatakan, Ketua Perhiptani memegang tanggungjawab yang berat, terutama untuk membangun dinamika orgnaisasi. Ia segera menata organisasi secara profesional setelah terbentuknya kepengurusan. Setidaknya langkah awal yang harus dilakukan adalah konsolidasi kepengurusan secara terstruktur dan sistimatis untuk membangun kebersamaan dan menyusun program kerja Perhiptani OKU, ujarnya.

Ditegaskan Sekda OKU, tanpa ada kebersamaan, dan tanpa sistim yang jelas, tidak mungkin akan menghasilkan kinerja yang bagus. Lalu, langkah berikutnya adalah meningkatkan kualitas sumberdaya penyuluh, sehingga mereka bisa memberdayakan masyarakat. Upaya peningkatan kualitas sumberdaya penyuluh tersebut, tentunya harus diiringi dengan meningkatkan kerjasama kemitraan antara Perhiptani dengan pemerintah daerah, pelaku usaha, dan perguruan tinggi.

Baca Juga :   Erick Thohir Resmi Menunjuk Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina

Tugas Perhiptanilah untuk membuat inovasi, sehingga apa yang diharapkan pemerintah dan harapan petani meningkatkan kesejahteraan dapat dicapai. Petani kedepan tidak lagi berpikir tentang satu komoditas tetapi komoditas lainnya juga. Sepanjang petani itu tidak mempunyai penghasilan yang memadai, tidak mungkilah akan meningkat kesejahteraannya. Dan tidak kalah pentingnya para penyuluh harus difokuskan untuk meningkatkan harkat dan martabat penyuluh pertanian, karena peran mareka sangatlah penting, namun selama ini agak terabaikan, katanya.

Ditempat yang sama, Ketua  DPW Perhiptani Provinsi Sumatera Selatan Ir. Hj. Nurjanah Humaidah, MSi, keberadaan Perhiptani sangat penting dalam melakukan perubahan serta inovasi di bidang pertanian, sehingga kreativitas para penyuluh pertanian harus terus dipacu dalam upaya mencapai kesejahteraan petani. Menurutnya, kemajuan pertanian, terletak di tangan Perhiptani. Artinya, ketika petani sejahtera, maka Perhiptani sukses.

Suasana Musda Perhiptani OKU

Para penyuluh harus memiliki peta potensi pengembangan pertanian, sehingga setiap komoditi yang dibudidayakan sesuai dengan kondisi daerah, yang akhirnya meningkatkan produksi. Besar harapan saya, para penyuluh tidak hanya berhasil dalam memproduksi pertanian, tapi juga bisa melawan barang impor yang masuk ke daerah. Karena sukesnya Perhiptani juga suksesnya pemerintah.

Terkait dengan kepengurusan yang, Hj. Nurjanah berpesan kepada para penyuluh agar tetap melanjutkan program yang sudah terlaksana dengan baik. Harapannya, Perhiptani Kabupaten OKU selalu menjaga jiwa kebersamaan sebagai penyuluh para petani, dalam memberikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat di lapangan. Kita sebagai penyuluh pertanian harus bekerja sesuai koridornya, tanpa memilih dan memilah siapa pun. Karena Perhiptani adalah organisasi profesi, bukan organisasi politik, Pungkasnya (yudi)