Ditengah Pusaran Politik, BPS tetap Profesional, Berintegritas dan Amanah

oleh -31 views
Kepala BPS bersama jajaran di HUT BPS ke-26

BATURAJA OKU-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Budiriyanto, dalam amanahnya pada acara Apel Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2018 yang ke-26, di halaman Kantor BPS Kabupaten OKU dengan tema HSN, yaitu Dengan Data, Tingkatkan Prestasi Bangsa. Acara tersebut diikuti oleh seluruh jajaran pegawai BPS, DWP BPS Kabupaten OKU dan Mitra Statistik, Rabu (26/09).

Dalam sambutannya, Budiriyanto mengatakan di tengah pusaran politik akhir-akhir ini, data BPS menjadi semakin sentral. Berbagai polemik, pro dan kontra, bisa timbul dari data yang kita hasilkan. Tetap tenang, luruskan niat, pertahankan independensi, dan perkuat pijakan terhadap basis statistik. Kuasai konsep defenisi, metodologi dan interpretasi. Tunjukkan kepada semua bahwa kita adalah statistisi yang profesional, memiliki integritas tinggi, dan amanah, ujarnya.

Suasana apel HUT BPS Kabupaten OKU

Rasa gembiranya dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan dalam memperingati Hari Statistik Nasional di Kabupaten OKU. Karena  BPS merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai fungsi pokok sebagai penyedia data statistik dasar bagi pemerintah daerah maupun bagi masyarakat. BPS merupakan mitra pemerintah daerah  dan sebagai salah satu faktor untuk menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan.

Usai apel Hari Statistik Nasional ke-26, Kepala BPS beserta jajaranya melakukan pemotongan Tumpeng didampingi Ketua DWP BPS OKU. Rangkaian kegiatan internal BPS antara lain : Pertandingan Tenis Meja, Badminton, Gaple, Lomba Kelereng dan Masak Nasi Goreng untuk anggota DWP. Kepala BPS OKU Budiriyanto menyampaikan rasa haru dan bangganya atas dukungan semua pihak atas terlaksananya HUT BPS dengan aman dan lancar, tuturnya.

Kepala BPS poto bersama DWP & pegawai BPS

Apalagi bagi BPS sendiri ada tiga makna yang diambil dari peringatan HSN  yang jatuh pada setiap 26 September. Pertama meningkatkan peran serta  masyarakat dalam membangun statistik, statistik bukan hanya milik  BPS saja tapi  milik seluruh insan statistik. Kedua mendorong pelaku statistik  untuk melakukan kegiatan statistik sesuai  dengan kaidah dan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk statistik.

Baca Juga :   Peran Aktif Masyarakat, Agar Pemilukada OKU Berjalan Lancar, Sukses, Tertib & Damai

Ketiga  untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk mengunakan data statistik yang dihasilkan BPS OKU selain yang direlis setiap bulannya  sesuai dengan misi BPS pelopor data statistik terpecaya. Presiden Joko Widodo telah lama memberikan kepercayaan kepada BPS untuk menjadi satu-satunya data yang dapat terpercaya dalam pengambilan kebijakan.

Kepercayaan tersebut harus dapat dijaga dengan memastikan bahwa BPS, mulai dari Pusat hingga hingga Provinsi dan Kabupaten/Kota, harus tetap independen  sampai kapanpun, dalam situasi dan tekanan seperti apapun. Asal  yakin dengan kualitas data, jangan pernah takut menyampaikan kebenaran, jelasnya.

Kepala BPS membacakan amanahnya BPS Pusat

Kemudian, Kepala BPS membacakan sambutan Kepala BPS Republik Indonesia, Dr. Suharyanto, HSN adalah hari di mana kita dan seluruh insan statistik di Indonesia merayakan arti pentingnya statistik dan kontribusinya yang besar bagi pembangunan bangsa dan negara. Namun, dibalik perayaan itu, ada tanggung jawab besar yang tertuang dalam tema HSN tahun ini sebagaimana tersebut di atas.

Tema ini mengingatkan jajaran BPS untuk untuk terus-menerus meningkatkan kualitas data yang dihasilkan dan menjaga independensi. Statistik bukan sekedar deretan angka-angka mati pada web BPS maupun publikasi yang diterbitkan. Sebaliknya, data dan informasi statistik merupakan landasan untuk membuat perencanaan yang tepat sasaran, melakukan monitoring dan evaluasi serta melihat perkembangan capaian pembangunan.

Kepala BPS berikan nasi tumpeng untuk DWP

Beberapa data statistik yang dihasilkan mungkin masih belum sempurna, baik dari desain sampling maupun non-sampling, tetapi semua harus jujur ​​dalam bekerja dan terus melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas data tersebut. Budiriyanto meyakini dengan terus bekerja keras dan cerdas, usaha ini pasti akan membuahkan hasil dan prestasi yang akurat, bukan hanya untuk BPS tetapi juga untuk bangsa Indonesia.

Dalam upaya kita untuk terus membangun perstatistikan Indonesia,  saat ini BPS mulai menyusun Strategi Nasional Pembangunan Statistik Indonesia (SNPSI) tahun 2020-2024, bekerjasama dengan staleholders terkait dan dengan dukungan dari Paris 21. Strategi nasional ini merupakan inisiatif  Indonesia untuk membangun kapasitas statistik SDM, meningkatkan koordinasi lintas K/L, Instansi, dan Pemda sebagai penyedia data statistik sektoral dan juga melakukan penjaminan kualitas data. Pungkasnya (yudi)