Home / Bisnis / Dinas Koperasi & UKM OKU Memfasilitasi Mitra Usaha UMKM Dengan Pengusaha

Dinas Koperasi & UKM OKU Memfasilitasi Mitra Usaha UMKM Dengan Pengusaha

Bupati terima bantuan dari Indomaret

BATURAJA OKU-Hadirnya Indomaret sebagai usaha waralaba cukup besar akan menjadi mitra yang terbaik untuk UMKM di OKU. Hal ini dikemukakan Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis didampingi Kepala Dinas Koperasi & UKM OKU H. Faisol Ibrahim, SE, MM saat  penyerahan 9 gerobak UMKM dan 10 unit Tong Sampah di Halaman Rumah Kabupaten, Jumat (18/10/2019).

Dari pantauan media acara penyerahan tersebut dihadiri Kepala Indomaret Cabang Palembang Tondo Saputro, Kadin Koperasi dan UKM H. Fasol Ibrahim, Kadin DLH Slamet Riyadi, Kadin Perkim H. Aulia Mahdi, Plt Kadin PUPU Chandra Dewana, Kadin Damkar Aminilson, Kabag Humas & Protokol Feri Iswan dan undangan lainnya.

Sebagaimana laporan Kadin Koperasi & UKM OKU Faizol Ibrahim, kehadiran Indomaret menjadi tantangan dan menyiapkan diri bagi UMKM untuk berinovasi. Sehingga kehadiran Indomaret, menurutnya dapat memberikan keuntungan kepada UMKM. Kami akan selalu siap mencarikan mitra dengan Indomaret dan pihak peduli lainnya, ujarnya.

Bupati OKU serahkan Gerobak usaha UMKM

Penyerahan gerobak UMKM dan Kotak Sampah ini adalah hasil dari tindak lanjut pelaksanaan seminar UMKM yang dilaksanakan di ruang rapat Abdi Praja, Kamis (17/10/2019) kemarin. Bersama Dinas Koperasi dan UKM OKU, Indomaret dan pelaku usaha UMKM.

Ada beberapa variabel pada persamaan yang dinilai, seperti Ubi Talas dan yang lain, mempunyai kemasan yang sama, secara keseluruhan dipilih 3 produk yang terbaik. Bagi pelaku usaha UMKM yang terpilih mulai besok, seluruh gerai indomaret sudah menerima  produknya.

Bantuan lain diberikan adalah 9 buah gerobak dari Indomaret, 2 buah gerobak hasil undian dan 7 buah gerobak diserahkan Kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKU.

Ditambahkan Faisol kehadiran Indomaret dapat memacu perekonomian dan bukan untuk melemahkan UMKM di OKU. Hadirnya Indomaret dapat ikut membina usaha masyarakat agar bisa berkembang. Ia mengharapkan agar Indomaret harus juga memikirkan masyarakat. Jangan sampai kehadiran Indomaret, membuat usaha mikro dan menengah menjadi tidak berkembang, jelasnya.

Baca Juga :   Kapolres OKU Berbagi Dengan Panti Asuhan dan Warga Kurang Mampu di Bulan Ramadhan
Bupati foto bersama dengan penerima bantuan

Kepala Indomaret Cabang Palembang Tondo Saputro mengatakan pada pelaksanaan seminar yang diadakan kemarin banyak ilmu yang didapat. Ada beberapa produk sudah disepakati.  Dari seminar yang dilaksanakan di seluruh indonesia, masalah yang dihadapi adalah diantaranya bagaimana pelaku UMKM memasarkan produk.

Untuk itu Indomaret akan membantu mereka dalam menjual produk. Dari seminar yang diadakan kemarin pelaku UMKM di kab OKU produknya sudah lumayan bagus termasuk dari packaging produk dan cita rasa.

Tim indomaret mengingatkan produk yang dipasarkan harus mendapatkan serifikat halal. Harapan dari pihak Indomaret agar pelaku UMKM bisa berkembang. Selain bantuan gerobak, Indomaret juga menyediakan lahan didepan Indomaret.

Ditempat yang sama Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis mengucapkan terima kasih kepada pihak Indomaret yang telah memberikan 9 buah Gerobak dan 10 buah Kotak Sampah. Bupati bersama Indomaret mengadakan MoU dan UMKM, yaitu untuk mempersatukan pelaku UMKM di OKU.

Bupati terima bantuan secara simbolis kotak sampah

Banyak pelaku UMKM di OKU masih terkendala dalam pemasaran. Dengan terpilihnya 7 produk hasil  penilaian dari Indomaret, produk yang dipasarkan harus berlabel halal dari Depkes, mempunyai cita rasa yang bagus dan juga produk tidak boleh sama dengan yang lainnya dan juga terseleksi dengan benar karena dipasarkan ke ritel modern seperti Indomaret ini.

Kegiatan yang dilakukan oleh Indomaret ini, hendaknya diikuti oleh pelaku usaha lainnya untuk membantu permodalan supaya dapat menguatkan pelaku UMKM, dengan tujuan pemerintah untuk mengurangi kemiskinan. Untuk Dinas Lingkungan Hidup, kotak sampah ini dipergunakan dan dipelihara dengan baik. Dijaga agar tidak mudah rusak atau hilang.

Acara diakhiri dengan penyerahan gerobak UMKM dan kotak sampah dari  Indomaret kepada Bupati OKU didampingi Kadin  Koperasi dan UKM dan Kadin DLH OKU. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan rutin Jumat bersih dimulai dari Rumah Kabupaten sampai seputaran ke Pasar Pucuk Baturaja, pungkasnya (yudi).

Baca Juga :   Bupati OKU H Kuryana Azis Laksanakan MoU dengan Badan Informasi Geospasial Cibinong

Tentang redaktur pelaksana

Baca juga

Wabup OKU Johan Anuar Hadiri Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Tentang RAPBD

BATURAJA OKU-Wabup OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM menghadiri Rapat Paripurna DPRD OKU dengan agenda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *