Home / Nasional / Dengan Kekuatan Cinta, Caleg DPR RI Sofian Saleh Unggul Diberbagai TPS

Dengan Kekuatan Cinta, Caleg DPR RI Sofian Saleh Unggul Diberbagai TPS

Sofian Saleh usai mencoblos di TPS 5 Tj Baru

BATURAJA OKU-Sofian Saleh merupakan seorang Caleg PDI Perjuangan Nomor urut 5 yang maju dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan II. Dapil ini mencakup sebelas Kabupaten/Kota diantaranya OKU, OKU Timur, OKU Selatan, OI, OKI, Pali, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Kota Pagaralam dan Kota Prabumulih.

Saat ditemui Samudra.news, Sofian Saleh yang disapa Kak Yan mengatakan, persaingan partai politik maupun Calegnya sendiri di Sumatera Selatan II cukup berat, kata orang seperti Dapil Neraka para Caleg. Sepanjang pengetahuannya, belum pernah ada partai politik yang menang berturut-turut di Sumatera Selatan saat pemilu, apalagi Calegnya. Minggu (21/04)

Saat menemui panggilan pencoblosan

Ditambahkannya, dulu ia tak menyangka orang sehebat Alex Noerdin mantan Gubernur Sumsel, Percha Lianpuri mantan Anggota DPD sekarang ayahnya Gubernur Sumsel, Yulian Gunhar Caleg Petahana yang kakaknya sekarang menjadi Bupati OI, Erwin M Singajuru Caleg petahana di partainya juga kembali mencalonkan diri di dapil yang sama, terdapat juga putri Wakil Gubernur Sumsel Zaitun ikut berpartisipasi di Dapil 2 Sumsel, belum yang lainnya.

Untuk merebut hati rakyat ia mengungkapkan, diperlukan strategi yang tepat untuk menghadapi situasi seperti itu. Ia mengaku harus melihat dengan jeli mana pemilih yang merupakan basis partai dan mana yang tidak. Karena kami sudah memahami kultur dan sejarah PDI-P di Sumatera Selatan bahwa tentu melakukan pemetaan yang kuat, sehingga energinya bisa tersalurkan pada tempat yang tepat, ujarnya.

Mendapatkan surat suara pemilu

Alhamdulillah dari informasi yang masuk hingga saat ini perolehan suara di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten OKU, khususnya di Kota Baturaja sangat menjanjian, mudah-mudahan dengan izin Allah SWT kita dapat melenggang ke Senayan. Saat ditanya strategi apa yang di pakai saat kampanye, ia menjawab, tak ada strategi khusus dalam meraih simpati pemilih. Namun ia hanya mempunyai “Kekuatan Cinta”, kita berdasarkan hati dan perasaan ingin membangun daerah.

Baca Juga :   DALAM RANGKA PELAKSANAAN FGD, KEPALA BPS AUDENSI DENGAN BUPATI OKU

Maklum Sofian Saleh dikenal orang sebagai pencipta lagu “Guruku Sayang” yang selalu dilombakan setap tahun di daerah asal orang tuanya HM. Saleh Hasan, SH yang pernah menjadi Bupati OKU periode 1979-1989 dan mendapatkan rekor MURI, bahkan lagu ciptaannya “Guruku Sayang” menyebar sampai ke Provinsi Banten, DKI, bahkan Papua. Tidaklah heran bila Sofian Saleh digandrungi emak-emak bahkan cewek millenial masa kini, orangnya ramah, sopan, santun dan bersahaja.

Sofian Saleh sesudah mencoblos surat suara

Sofian Saleh mengatakan, saat masa kampanye ia fokus mempererat hubungannya dengan para calon pemilih dan jaringan pendukungnya di dapil tersebut. Silaturahmi dan dialog dengan mereka lah, masyarakat yang selama ini belum sempat terjamah dengan para wakil yang sudah jadi. Insya Allah kita akan perjuangkan, seandainya nanti kita terpilih ataupun tidak terpilih kita akan sampaikan ke wakil yang terpilih, jelasnya.

Saat ditanya soal biaya kampanye caleg, Kak Yan enggan menjawab spesifik jumlah uang yang ia keluarkan. Sebagai caleg yang sudah dua kali mencalonkan diri, menurut dia, pembiayaan menjadi lebih murah dibandingkan caleg-caleg yang ia sebutkan di atas. Mareka punya kemampuan segalanya, sedangkan kita hanya bermodalkan “Cinta, Silaturahmi, Relasi dan peninggalan kebaikan orang tua yang baik dimasa silam, tuturnya.

Mencelupan tinda pemilu tanda selesainya

Pos pembiayaan terbesar adalah untuk produksi atribut dan memelihara jaringan pendukung. Bagi pria kelahiran 23 Maret 1964 ini, lulusan University of Southern California, Los Angles USA, faculty of economic, atribut berupa kaus, kalender, hingga spanduk masih dibutuhkan sebagai alat perkenalan ke calon pemilih. Selain itu, memelihara jaringan pendukung juga dinilainya penting. Meski caleg sudah dua kali, Yan merasa tak cukup mengandalkan seorang diri untuk bertemu banyak calon pemilih.

Baca Juga :   Ingin Menangi Pileg 2019, Ada Empat Tahapan yang Harus di Lalui Ujar Herman Deru

Menurut dia, jaringan pendukung juga berperan strategis memperkuat sosialisasi pencalonannya. Tidak mungkin dilakukan oleh seorang calon anggota DPR RI saja. Otomatis kan akan membentuk jaringan misalnya membentuk Tim relawan di daerah Kabupaten/Kota, menggunakan Medsos, Media Cetak, Media Online, relawan Sofian Saleh banyak Cinde-cinde dan genteng sehingga para pemilih ada juga yang tertarik akhirnya memilih calon yang disosialisasikannya.

Salaman dengan petugas KPPS TPS 5

Saat disinggung masalah persaingan, Sofian Saleh mengaku persaingan di dapilnya berat. Setiap dapil pasti memiliki tantangan tersendiri bagi setiap caleg. Tidak ada dapil yang gampang, baik itu persaingan dengan partai lain, maupun kemudian kalau misal daerah bukan basis PDI-P kan yang berat melawan partai lain. Tapi juga beratnya persaingan pasti dengan caleg yang ada di partai sendiri, tutur Sofian Saleh yang murah senyum ini. Ia selalu mohon do’a restu kepada kita semua. Amin (yudi)

Tentang redaktur pelaksana

Previous Sekda OKU Coblos di TPS 04 Sekarjaya dan Meninjau Beberapa TPS di 3 Kecamatan
Next Bupati OKU Hadiri Perayaan Hari Raya Paskah Di Batu Putih

Baca juga

BPS OKU Laksanakan Pelatihan Petugas Sakernas Agustus 2019

BATURAJA OKU-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) OKU,  Ir. Budiriyanto, MAP, secara resmi membuka pelatihan petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *